Peristiwa Nasional

Sambut Mudik, Menhub Siapkan Antisipasi Macet di Tol Brexit

Jumat, 24 Maret 2017 - 18:02 | 19.10k
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: fajaronline)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: fajaronline)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Demi menghindari kejadianseperti musim mudik tahun lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merencanakan beberapa langkah untuk mengantisipasi kemacetan parah di jalur tol Brebes Timur Exit (Brexit).

"Untuk Tol Brexit, saya sudah matur kepada Pak Kapolri (Jenderal Pol Tito Karnavian) untuk kerja bersama-sama. Esensinya itu dulu," ujarnya.

Setelah Kapolri, Menhub baru berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyelesaikan atau penyumbatan arus atau bottleneck yang terjadi di berbagai titik di jalur itu.

Menurutnya, Menteri PUPR sudah berjanji akan menyelesaikan sejumlah persoalan dalam waktu dekat, termasuk masalah perlintasan sebidang. Sementara kepolisian juga akan mengupayakan pengurangan arus lalu lintas di ruas jalur tol tersebut.

"Kemudian, bicara manajemen lalu lintas yang akan kami terapkan. Sebenarnya, simpel. Pertama, memberikan load pada jalan tertentu dengan kapasitasnya tersendiri. Load harus direncanakan sesuai kapasitas," imbuh Menhub.

Namun tidak kalah penting, Menhub meminta masyarakat tidak boleh diberikan ekspektasi berlebihan dengan kehadiran jalur tol Brexit, melainkan dijelaskan fakta apa yang akan dihadapi pemudik tentang fasilitas dan kondisi di lapangan.

"Kita harus katakan bahwasanya kalau mudik, tol Brexit bukanlah satu-satunya. Jadi, masih ada angkutan kereta api, ada jalur lintas utara, jalur lintas selatan. Bahkan, akan ada kapal sampai ke Surabaya," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES