Wisata

Legitnya Lengkeng Kateki di Kebun Banjarsari

Jumat, 24 Maret 2017 - 12:12 | 292.16k
Buah Klengkeng. (Foto: Kabartani)
Buah Klengkeng. (Foto: Kabartani)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda penasaran dengan lengkeng Kateki (New Kristal)? Tak perlu jauh-jauh, karena Kebun Percobaan Banjarsari pada Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika (Balit Jestro), Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur telah mengembangkan lengkeng jenis tersebut.

Lengkeng asal Demak ini, mulai ditanam sejak 2012. Dibandingkan lengkeng jenis lain, kandungan air pada Lengkeng Kateki lebih rendah sehingga penikmat tak perlu menyediakan tissue saat makan.

Jenis lengkeng yang baru setahun diluncurkan ini, juga lebih manis. Dagingnya lebih tebal, serta bijinya lebih kecil. "Kadar airnya rendah, jadi tidak becek," kata Peneliti Balit Jestro, Dina Mariana, Jumat (24/3/2017).

klengkeng-29cg3B.jpg(Peneliti Balit Jestro, Dina Mariana, memetik Lengkeng Kateki. Foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

Dari penelitian yang dilakukan, jenis ini cocok untuk dataran rendah. Perawatannya juga tergolong mudah. "Dalam waktu-waktu tertentu, perlu perlakuan tertentu pula. Seperti saat pembungaan," ujarnya.

Dina menambahkan, lengkeng jenis ini juga diujicobakan di Kota Batu yang bersuhu dingin. Tapi, buahnya tak selebat yang di Kebun Percobaan Banjarsari yang berada di dataran rendah.

Kebun Percobaan Banjarsari seluas 4,7 hektar. Dari lahan seluas itu, 1 hektar di antaranya ditanami lengkeng dengan aneka jenis. Lengkeng Kateki termasuk di dalamnya. Di kebun ini juga ditanam tanaman jeruk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES