Indonesia Positif Ketahanan Informasi Umat

UNISMA Gembleng Para Guru di Lingkungan LP Ma'arif Kabupaten Malang

Jumat, 24 Maret 2017 - 10:08 | 73.72k
Pengukuhan Pengurus Lembaga Ma'arif PCNU Kabupaten Malang periode 2017-2022 serta menyelenggarakan kegiatan Sarasehan untuk para Guru di lingkungan lembaga Ma'arif PCNU kabupaten Malang. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
Pengukuhan Pengurus Lembaga Ma'arif PCNU Kabupaten Malang periode 2017-2022 serta menyelenggarakan kegiatan Sarasehan untuk para Guru di lingkungan lembaga Ma'arif PCNU kabupaten Malang. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Umat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama menyelenggarakan kegiatan Sarasehan untuk para Guru di lingkungan lembaga Ma'arif PCNU Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan sarasehan yang diikuti oleh para Guru mulai SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA di lingkungan LP Ma'arif Kabupaten Malang ini digelar di Universitas Islam Malang (Unisma).

Acara yang bertempat di Lantai 7 gedung Pascasarjana, Sabtu (11/3/2017) lalu ini sekaligus menjadi kegiatan Pengukuhan Pengurus Lembaga Ma'arif PCNU kabupaten Malang untuk masa khidmat 2017-2022. 

Ketua Tanfidziyah PCNU kabupaten Malang Dr. H. Umar Usman MM, mengatakan, tujuan sarasehan adalah untuk merubah minset guru agar mampu menjadi kreator, inovator, fasilitator, dinamisator sekaligus menjadi motivator.

"Kegiatan ini bisa untuk mengembangkan profesioanal guru," jelas Umar.

Lebih lanjut Umar mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Unisma, karena kampus Unisma menyediakan wadah bagi warga NU untuk berbagai kegiatan.

Pengukuhan-Pengurus-Lembaga-Maarif-PCNU-Kabupaten-MalangefKnJ.jpg

"Ini merupakan wujud komitmen Unisma bahwa Unisma dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia. Luar biasa, Unisma sudah menunjukkan kelasnya sebagai perguruan tinggi yang komitmen terhadap NU," ucapnya.

Dalam acara sarasehan Rektor Universitas Islam Malang Prof. Dr. H. Maskuri M.Si yang menjadi pemateri memberikan tema Pengembangan Mutu Pensisikan di Lingkungan Lembaga Pendidikan  Ma'arif.

Prof Maskuri menjelaskan perubahan kebijakan terkait pelaksanaan kurikulum 2013 sampai saat ini merupakan topik yang terus menerus disosialisasikan ke sekolah-sekolah di Indonesia. Dan kondisi ini selalu dicermati oleh UNISMA secara komprehensif.

Menurut Prof Maskuri, Unisma harus berperan dalam upaya melakukan percepatan sosialisasikan kurikulum 2013 ke seluruh tanah air terutama kepada lembaga pendidikan Ma'arif.

“Saat ini UNISMA mempunyai dua orang tutor nasional K13 yang siap ditunjuk menjadi nara sumber terkait dengan upaya peningkatan dan kompetensi tenaga pendidik di Indonesia, monggo ini bisa dimanfaatkan oleh lembaga Ma'arif,” terangnya.

Prof Masykuri pada paparan  materi selanjutnya juga menegaskan pentingnya discovery learning dalam aproses pembelajaran. Tujunnya, peserta didik mampu mengkonstruksikan berbagai pengetahuan yang digali dari pengalaman nyata dari lapangan.

"Dan ini harus dipahami oleh para pendidik di lingkungan lembaga Ma' arif khususnya di PCNU kabupaten Malang," ucapnya.

Pengukuhan-Pengurus-Lembaga-Maarif-PCNU-Kabupaten-Malang-2yCSLp.jpg

Nur Hamidah salah satu guru dari LP Maarif PCNU kabupaten Malang mengungkapkan kegiatan Sarasehan ini sangat penting bagi para guru anggota lembaga  Ma'arif dalam mengembangkan kompotensi sebagai pendidik.

"Ini langkah nyata bagi Unisma dalam melaksnakan program tri darma perguruan tinggi sesuai dengan bidangnya, apalagi Unisma adalah contoh perguruan tinggi terbaik milik Lembaga Ma'arif juga, saya bangga dan berterimaksih kepada Unisma", jelasnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 1400 delegasi peserta gurub dari SD/MI, SMP/MTs, SMU/MA yang menjadi anggota LP Maarif PCNU kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES