Gaya Hidup

Tips Foto Selfie yang Ciamik

Jumat, 24 Maret 2017 - 08:10 | 30.76k
Selfie. (Foto: Intisari Online)
Selfie. (Foto: Intisari Online)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Foto sudah menjadi bagian hidup dari setiap orang. Segala gerak tingkah seseorang atau apapun itu baik benda bergerak maupun tak bergerak, bernyawa maupun tak bernyawa selalu diabadikan menjadi foto. Baik melalui kamera, maupun kamera ponsel.

Yang sedang tren adalah foto selfie atau foto diri sendiri. Foto selfie biasanya dilakukan saat tak ada seseorang yang dapat membantu mengambil gambar. Dengan memanfaatkan kamera depan dari ponsel, pada awalnya dikira mudah. Namun salah angle (posisi foto diambil) foto selfie malah terlihat jelek.

Berikut sejumlah tips dan trik untuk mendapatkan selfie terbaik 

1. Rasio Wajah 1:3

Fotografer ternama, Steve McCurry, percaya bahwa proposi adalah segalanya.

Sama seperti fotografi lainnya, ada trik khusus untuk membuat selfie Anda menjadi semakin sempurna. Untuk mendapatkan travelling selfie yang sempurna, ikuti aturan rasio wajah 1:3. Artinya, selfie tidak harus selalu foto close up.

Cobalah memasukkan latar belakang semaksimal mungkin.

Pertama, cobalah tentukan latar belakang yang akan ditampilkan, lalu tempatkan wajah Anda sesuai latar belakang. Ambil foto dari sudut yang lebih tinggi untuk mendapatkan pemandangan lebih banyak dan perspektif lebih baik sehingga Anda juga terlihat keren di foto.

2. Atur Pencahayaan

Salah satu aspek penting dalam fotografi adalah pencahayaan. Pastikan subyek foto Anda (khususnya diri Anda sendiri) terpapar pencahayaan yang memadai.

Menurut jurnalis foto NYT yang juga juri Photo Face Off, Justin Mott, pencahayaan alami adalah pencahayaan terbaik. Mott juga mengatakan bahwa jika ada cahaya dari belakang, hasil foto yang dihasilkan akan tampak berbayang, kecuali Anda menggunakan flash.

Pastikan untuk mengetahui dari mana sumber cahaya berasal. Lalu pastikan untuk menjauh dari sumber cahaya ketika Anda mengambil foto Anda. Sumber cahaya bisa berasal dari lampu, jendela atau matahari.

3. Lakukan Aktivitas yang Menarik

Pastikan selfie Anda tidak membosankan. Guna mendapat selfie terbaik adalah mencoba berbagai variasi. Lakukan aktivitas menarik dalam selfie seperti menari, yoga, memakai riasan yang berbeda, atau memakai baju etnik.

Untuk tips ini, gunakan timer dan jangan lupa untuk membawa tongsis atau bahkan tripod kecil. Dengan variasi ini, selfie menjadi lebih seru dilihat dan instagramable. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES