Indonesia Positif Ketahanan Informasi Budaya

Pemkab Tulungagung: Senam untuk Lestarikan Budaya

Kamis, 23 Maret 2017 - 22:30 | 195.94k
Launching senam tradisional reog kendang Tulungagung. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Launching senam tradisional reog kendang Tulungagung. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Budaya

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNG – Reog Kendang salah satu kesenian tradisional asli Kabupaten Tulungagung yang berbeda dengan Reog Ponorogo. Tarian tradisional ini menggambarkan tentang arak – arakan prajurit yang mengiringi rombongan raja pada jaman dahulu. Dalam tarian ini para penari menari sambil memainkan kendang sebagai attribute menarinya. 

Reog Kendang ini tak lepas dari sejarah dan cerita legenda pada jaman dahulu. Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Reog Kendang ini menggambarkan tentang arak – arakan prajurit Kedirilaya yang mengiringi Ratu Kilisuci dalam rangka menemui jathasura yang bertempat di Gunung kelud. Karena Ratu Kilisuci tidak mau dinikahi oleh Jathasura, maka dia menolak secara halus dengan memperdaya Jathasura. 

Senam-tradisional48rY.jpg

Selain itu versi lain menyebutkan bahwa Reog Kendang ini terinspirasi dari permainan kendang Prajurit Bugis dalam Kesatuan Laskar Trunojoyo. Pada jaman dahulu para prajurit menggunakan tam – tam atau kendang kecil yang digendong.

Dalam perkembangannya Reog Kendang sudah mencatatkan diri pada Museum Rekor Indonesia sebagai penari Reog Kendang terbanyak di tahun 2015.

Dalan rangka mengembangkan dan melestarikan Reog Kendang beberapa waktu lalu diadakan launching senam tradisional Reog Kendang Tulungagung. Ibu Bupati Tulungagung, Wiwik Syahri Mulyo mengatakan bahwa senam tradisional Reog Kendang ini diciptakan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk melestarikan budaya lokal. 

Senam-tradisional-ReogLByij.jpg

Acara launching ini dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Tulungagung, yang dihadiri oleh Ibu Wakil Bupati, para pengurus Formi Tulungagung, dan para penggiat senam di Kabupaten Tulungagung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES