Peristiwa Nasional

Awasi Anak, Mensos Minta Orang Tua Tidak Gaptek

Kamis, 23 Maret 2017 - 09:39 | 39.06k
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (Foto: TIMES Indonesia)
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk menghindari dari berbagai upaya kekerasan seksual, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa berharap para orang tua meningkatkan kewaspadaan dan tidak gagap teknologi (gaptek) dalam mengawasi anak mereka.

"Saya berharap masing-masing keluarga, terutama orang tua bisa meningkatkan kewaspadaannya. Salah satunya bagaimana orang tua tidak gaptek karena banyak orang tua yang tidak mampu mengakses media sosial," ujarnya di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Hal itu dikemukakan Mensos menyusul terbongkarnya jaringan pedofil yang beroperasi memanfaatkan media sosial beberapa waktu lalu.

Menurutnya, orang tua perlu mengedukasi anak terkait penggunaan media sosial, pun mengawasi pemanfaatan teknologi macam telepon pintar (smartphone) oleh anak-anak.

Selain itu, Mensos juga meyakini perlunya penguatan dari tim siber di kepolisian, juga sinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai langkah preventif. Sementara langkah koersif atau pengendalian sosial adalah melalui revisi UU Perlindungan Anak.

"Sebenarnya melalui revisi UU Perlindungan Anak kita sudah memberikan ruang kepada aparat hukum untuk memberikan apakah pemberatan hukuman atau hukuman tambahan," imbuh Mensos. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES