Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Capai 5,2 Persen

Rabu, 22 Maret 2017 - 22:11 | 22.27k
ILUSTRASI - Pertumbyhan ekonomi (Foto: Scope)
ILUSTRASI - Pertumbyhan ekonomi (Foto: Scope)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bank Dunia memproyeksikan, tahun 2017 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,2 persen. Pertumbuhan ekonomi yang kuat dan harga komoditas yang lebih tinggi akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dari tahun 2016 yang mencapai 5,0 persen.

Kendati demikian, Bank Dunia melihat bahwa ketidakpastian global serta dinamika fiskal membawa risiko penurunan pertumbuhan.

Laporan Bank Dunia menyebutkan, fondasi ekonomi Indonesia tetap kuat, dengan tingkat pengangguran dan defisit neraca berjalan yang masih rendah serta tingkat inflasi mencapai rekor terendah.

Lebih lanjut disebutkan, pertumbuhan pendapatan riil yang baik, kebijakan moneter yang akomodatif, serta harga komoditas yang lebih tinggi membantu meningkatkan konsumsi rumahtangga dan investasi, juga ekspor yang kembali naik pada kuartal keempat 2016.

“Setelah mencapai pertumbuhan yang kuat pada tahun 2016, proyeksi ekonomi Indonesia untuk tahun 2017 akan positif,” kata Rodrigo Chaves, Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, dalam siaran persnya, Rabu (22/3/2017) di Jakarta.

Tahun ini, Bank Dunia memproyeksi inflasi akan naik sementara menjadi 4,3 persen dari 3,5 persen pada 2016, akibat naiknya tarif listrik dan pajak kendaraan. 

Neraca defisit berjalan diperkirakan berada di titik terendah dalam lima tahun terakhir, yaitu sebesar 1,8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), tidak berubah dari tahun 2016, akibat harga komoditas yang lebih tinggi. 

Sementara itu, defisit anggaran pemerintah pusat diproyeksikan naik menjadi 2,6 persen dari PDB, sebagian karena tingginya belanja investasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES