Peristiwa Nasional

Presiden Jokowi Mau Negara Hadir Lindungi Konsumen

Selasa, 21 Maret 2017 - 20:36 | 29.66k
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menegaskan jika negara harus hadir untuk melindungi konsumen, termasuk menegakkan hukum dan pengawasan.

Hal itu disampaikan presiden saat memimpin rapat terbatas bertopik Perlindungan Konsumen di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (21/3/2017).

"Yang perlu kita perhatikan dan harus kita perhatikan adalah perlindungan konsumen ini sangat terkait dengan kehadiran negara untuk melindungi konsumen secara efektif," ujarnya.

Menurut presiden, efektivitas kehadiran itu bisa dilihat dari sejauh mana negara memenuhi norma dan standar serta dibantu para produsen, dan sejauh mana pengawasan serta penegakan hukum juga berjalan secara efektif.

Presiden juga mencatat data yang menunjukkan tingkat kepatuhan produsen terhadap kesesuaian standar produk dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) ternyata masih rendah. Sampai saat ini hanya 42 persen barang yang beredar di pasaran sudah sesuai SNI.

"Ini artinya ada yang keliru ada yang harus diperbaiki," lanjutnya.

Untuk itu presiden meminta agar lembaga-lembaga perlindungan konsumen bekerja lebih keras. Sebab dari data yang ia terima tercatat hanya 22,2 persen konsumen yang mengenal dan mengetahui fungsi lembaga perlindungan konsumen.

"Sehingga betul-betul bisa dirasakan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES