Peristiwa Nasional

Ini Daftar Orang Terkaya Sejagat Tahun 2017

Selasa, 21 Maret 2017 - 09:01 | 43.32k
Bill Gates menjadi orang terkaya dunia sudah empat tahun berturut-turut. (Foto: istimewa)
Bill Gates menjadi orang terkaya dunia sudah empat tahun berturut-turut. (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tahun 2017, kekayaan pendiri Microsoft, Bill Gates, belum tergeser oleh siapapun sebagai orang terkaya sejagat. Ia memiliki harta kekayaan senilai US$ 86 miliar atau sekitar Rp 1.103 triliun (kurs Rp 13.300 per dolar AS).

Posisi Bill Gates menjadi orang terkaya dunia sudah empat tahun berturut-turut menempati posisi tersebut.

Hasil penelusuran Litbang TIMES Indonesia, dari data yang dimiliki Majalah Forbes yang baru dirilis, daftar orang terkaya dunia 2017 tetap ditempati pendiri yayasan Bill & Melinda Gates.

Sementara itu, pada posisi terkaya dunia kedua ditempati pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dengan harta US$ 75,6 miliar (Rp 1.005 triliun).

Diketahui, warga Amerika Serikat (AS) tercatat mendominasi posisi 10 besar orang terkaya sejagat. Mereka rata-rata bergerak di industri teknologi.

Warga Amerika terkaya sejagat itu antara lain pendiri Amazon, Jeff Bezos, di urutan ketiga. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dan pendiri Oracle, Larry Ellison, di urutan kelima dan ketujuh.

Dati lain menyebutkan, yakni di kutip dari AFP, Selasa (21/3/2017), bahwa jumlah miliuner dunia naik 13 persen dari posisi tahun lalu menjadi 2.043 orang.

Hal tersebut diketahui merupakan lonjakan terbesar sejak daftar bergengsi itu diluncurkan 31 tahun silam.

Sementara, Negeri Paman Sam itu tetap menjadi negara dengan jumlah miliuner terbanyak, yaitu 565 orang. Rata-rata harta mereka naik tinggi setelah Donald Trump dilantik menjadi Presiden AS.

Selain Amerika, ada China yang jadi negara dengan jumlah miliuner terbanyak kedua di dunia dengan 319 orang. Setelah China, ada Jerman yang berada di urutan ketiga dengan dihuni 114 orang yang masuk terkaya sejagat.

Untuk Trump sendiri, tidak lagi masuk urutan 220 besar, dan harus puas di posisi 544 dengan harta US$ 3,5 miliar.

Masih menurut dari dari Forbes, kekayaan Trump merosot gara-gara harga properti di Manhattan. “Sebanyak 40 persen kekayaan Trump berasal dari Trump Tower dan delapan Building di radius 1,6 kilometer di sekitarnya,” tulis Forbes.

Orang kaya selanjutnya yang masuk posisi 10 besar antara lain Amancio Ortega si pemilik merek Zara dari Spanyol di posisi keempat, Taipan telekomunikasi Meksiko Carlos Slim di urutan keenam, dua bersaudara Koch, Charles dan David di urutan kedelapan dan kesembilan.

Selain itu, ada sosok mantan Wali Kota New York pendiri Bloomberg News, yakni Michael Bloomberg. Ia berada di posisi kesepuluh.

Untuk posisi terakhir di daftar bergengsi itu dipegang sutradara Hollywood, Steven Spielberg. Di Indonesia, tak satupun masuk dalam daftar orang terkaya sejagat pada tahun 2017.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES