Ekonomi

Perajin Souvenir Banyuwangi Kesulitan Mencari Outlet Strategis

Senin, 20 Maret 2017 - 10:54 | 28.19k
Ketua AKRAB Banyuwangi, Samsudin. (Foto : Dian Efendi/TIMESIndonesia)
Ketua AKRAB Banyuwangi, Samsudin. (Foto : Dian Efendi/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perajin souvenir Bumi Blambangan keluhkan sulitnya mencari stand outlet yang strategis. Tak pelak, mereka yang tergabung dalam Asosiasi Kerajinan, Kuliner, Kaus, Aksesoris dan Batik (AKRAB) Banyuwangi, Jawa Timur berharap ada kebijaksanaan dari Pemerintah Daerah setempat.

Permintaan tersebut memang cukup masuk akal. Karena saat ini Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mendorong kemajuan sektor pariwisata, sudah barang tentu kerajinan aksesoris harus ikut diperhatikan.

"Kami sangat menyayangkan sejumlah tempat strategis milik Pemkab justru disewakan ke pihak lain," ucap Katua AKRAB Banyuwangi, Samsudin, Senin (20/3/2017).

Samsudin mengatakan, hal ini perlu diperhatikan karena sudah hampir bisa dipastikan, yang dicari wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi selain kuliner adalah souvenir khas lokal.

Pria asal Desa Banjar, Kecamatan Licin, ini mencontohkan, salah satu aset Pemkab yang disewakan ke swasta adalah toko di Stadion Diponegoro. Padahal jika ditawarkan ke para pelaku kerajinan aksesoris bisa lebih mendongkrak sektor pariwisata daerah.

"Kalau kita ditawari jelas pasti mau, karena harga sewanya murah,” katanya.

Dijelaskan, selama ini sebagian besar anggota AKRAB hanya menjalankan usaha di desa tempat mereka tinggal yang jauh dari kota.

Karena itu, Samsudin menekankan pentingnya  tempat jualan di tengah kota untuk lebih mengenalkan dan meningkatkan penjualan produk mereka.

“Mbok kami ini ke depan diberi tempat yang mendukung, sewa pun kami juga bersedia. Seperti stand jualan di tempat wisata terpadu di pasar Sobo jika sudah selesai dibangun,” pungkas Samsudin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES