Wisata

Dam Capit Kepiting Bakal Disulap Menjadi Lokasi Wisata Alam

Senin, 20 Maret 2017 - 04:45 | 33.26k
Wahyu Nurhidayat bermain air di Dam Capit Kepiting yang ada di Desa Jambe Wangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Minggu (19/3/2017). (foto: Romi Syahroni/TIMES Indonesia)
Wahyu Nurhidayat bermain air di Dam Capit Kepiting yang ada di Desa Jambe Wangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Minggu (19/3/2017). (foto: Romi Syahroni/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dam Capit Kepiting di Desa Jambe Wangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur akan dikembangkan menjadi lokasi wisata oleh masyarakat setempat.

Muhammad As'adi selaku tokoh masyarakat Desa Jambe Wangi, menuturkan, Dam Capit Kepiting cocok dikembangkan sebagai wisata air, seperti rafting atau jenis wisata alam lainnya mengingat area sekitar dam juga cocok untuk area outbond, camping ground atau lokasi bersantai.

As'adi mengatakan, selain masih mematangkan konsep wisata dengan seluruh pemanggku kebijakan di Desa Jambe wangi, saat ini juga masih diurus proses perizinan terkait segala perizinan pengelolaan lokasi wisata.

"Selain taat aturan hukum, ke depan tetap warga sekitarlah yang akan mengelola wisata tersebut. Itu kami lakukan semata-mata untuk kesejahteraan warga di tepi hutan," kata Muhammad As'adi yang juga mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Minggu (19/3/2017).

Lebih jauh, As'adi mengatakan, konsep wisata alam akan dikedepankan dengan tujuan tidak merusak lingkungan sekitar.

"Wisata alam seyogyanya tidak merusak atau meyakiti alam. Ke depan dalam pengembangannya kami tidak akan menggunakan paku pada tumbuhan kayu yang hidup subur dihutan pinus. Itu wujud dari menjaga dan melestarikan hutan sebagai penyeimbang ekosistem," ucapnya.

Pantauan TIMES Indonesia, lokasi Dam Capit Kepiting memang punya potensi dikembangkan sebagai tempat wisata alam.

Air jernih yang bersumber dari Gunung Raung menjadikannya cocok untuk pengembangan wisata air. Sementara, lokasinya yang dikelilingi hutan pinus membuat lokasi Dam Capit Kepiting cocok untuk camping ground. Udara segar nan sejuk juga membuat lokasi sekitar Dam Capit Kepiting cocok untuk melepas lelah dan penat di akhir pekan.

Saat ini, hanya anak-anak desa yang memanfaatkan Dam Capit Kepiting sebagai arena bermain.
Saat libur sekolah, anak-anak desa menghabiskan waktunya dengan bermain di Dam Capit Kepiting yang tidak jauh dengan pemukiman mereka.

Air yang jernih dengan lokasi di kelilingi hutan pinus membuat anak-anak senang bermain di sini.

Sebut saja Wahyu Nurhidayat (15) yang masih duduk di bangku kelas X SMA tersebut bersama teman-temannya hampir setiap hari minggu banyak menghabiskan waktu di sungai, ada yang mencari ikan, ada yang foto selfi bahkan berenang melompat dari ketinggian.

"Hampir setiap libur sekolah bermain di lokasi in bersama teman-teman. Kadang Bluron (renang di sungai) mancing ikan, lalu di bakar di sekitar sungai," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES