Peristiwa Daerah Ketahanan Pangan

Ini Cara Kodim 0825 Banyuwangi Wujudkan Swasembada Beras

Sabtu, 18 Maret 2017 - 18:43 | 33.85k
Gabah petani langsung dibayar ditempat oleh petugas Sub Divre Bulog Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Gabah petani langsung dibayar ditempat oleh petugas Sub Divre Bulog Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Pangan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kerja keras jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, dalam mensukseskan program Swasembada Pangan Nasional, memang patut dijadikan contoh. Meski diakhir pekan, mereka tetap bersemangat turun ke area pesawahan demi mengawal penyerapan gabah petani Sub Divre Bulog setempat.

Tak tanggung-tanggung, kali ini prajurit Kodim turun didua lokasi sekaligus. Yakni di Desa Tulungrejo dan Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore. Dari sini, Bulog berhasil membeli 3,2 ton gabah petani.

Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan menyampaikan, untuk optimalisasi penyerapan gabah, pihaknya kini menerapkan trik khusus. Yakni dengan membagi sektor dalam tim work antara Koramil bersama Sub Divre Bulog Banyuwangi.

Kodim-Banyuwangi-Az2dED.jpgAnggota Kodim 0825 Banyuwangi, turun langsung membantu petani saat pelaksanaan penyerapan gabah di Desa Tulungrejo dan Sumbergondo, Kecamatan Glenmore. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

“Dengan begitu pelaksanaan dilapangan bisa lebih efektif dan efisien,” katanya, Sabtu (18/3/2017).

Pada pelaksanaan, lanjut Dandim, dibentuk 4 zona serapan gabah petani. Setiap zona bisa langsung melakukan transaksi dengan petani sesuai dengan rencana kerja masing-masing. Istimewanya, tiap zona juga dibekali anggaran khusus, sehingga saat melakukan pembelian, bisa langsung bayar ditempat.

Selain Sergab (Serap Gabah), pendampingan Luas Tambah Tanam (LTT) juga dilakukan TNI AD Bumi Blambangan. Langkah jemput bola dalam pendekatan dengan para petani inilah yang membuat serapan gabah Bulog setempat terus mengalami peningkatan.

Penyerapan gabah petani di Desa Tulungrejo dan Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, pada akhir pekan ini dikawal langsung oleh Komandan Koramil Glenmore, Kapten (Inf) Syaifurokhim, Pasiter Kodim 0825 Banyuwangi, Kapten Kav Heriyanto, Forpimka, Mantri dan PPL Dinas Pertanian, Kelompok Tani (Poktan), petugas Sub Divre Bulog, petugas Kantor Ketahanan Pangan, jajaran perangkat desa serta masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES