Wisata

Danau Cantik ini Bikin Gak Bisa Move on

Sabtu, 18 Maret 2017 - 02:44 | 42.45k
Danau Toba. (Foto: Blogs UAJY)
Danau Toba. (Foto: Blogs UAJY)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Danau merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. 

Cekungan terjadi akibat gempa bumi maupun letusan gunung berapi.

Indonesia yang masuk dalam garis cincin api memiliki banyak gunung aktif yang letusannga menyisakan keindahan alam berupa danau. 

Yaa..seperti yang dikatakan banyak orang, Indonesia adalah surga dunia.. Keindahannya tak dapat dipungkiri lagi, termasuk danaunya. 

Berikut danau cantik di Indonesia yang membuat anda terpesona dan tak mau meninggalkannya:

  • Danau Sentani

Danau Indah ini terletak di pulau Papua, tepatnya membentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura seluas 9.360 hektar. Danau sentani yang indah ini juga dihiasi dengan 21 pulau kecil di dalamnya, menambah indah pemandangan yang tersaji. Sentani dalam bahasa lokal berarti "disini kami tinggal dengan damai". Untuk menarik wisatawan, setiap tahunnya di danau ini diadakan festival danau Sentani.

  • Danau Maninjau

Danau Maninjau terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,5 mdpl dengan luas wilayah 99,5 kilometer persegi. Danau dengan panorama indah ini juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang mendukung pariwisata, seperti hotel, penginapan dan restoran.

  • Danau Labuan Cermin

Labuan cermin adalah salah satu danau yang wajib anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata favorit anda. Mengapa danau ini begitu spesial? di danau ini anda akan mendapatkan sensasi yang sebelumnya mungkin hanya ada dalam imajinasi anda. Air danau ini sangat bening, sebening kaca, selain itu, danau ini juga memiliki 2 rasa. Danau Labuan cermin dapat dicapai melalui perjalanan darat dengan waktu 6-7 jam dari pusat kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

  • Danau Kelimutu

Danau ini terletak di Gunung Kelimutu yang berada di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. 3 danau kelimutu memiliki 3 warna yang berbeda, dan dapat berubah-ubah setiap waktunya, karena fakta itulah danau ini kadangkala juga disebut dengan nama danau tiga warna. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, warna-warna danau kelimutu ini memiliki arti masing-masing, dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

  • Danau Toba

Siapa yang tak kenal danau ini, keindahannya sudah terkenal baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Danau vulkanik ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, luasnya memiliki dimensi panjang 100 km dan lebar 30 km. Di tengah danau ini juga terdapat pulau vulkanik bernama Samosir. Sudah sejak lama, danau Toba merupakan tempat wisata terpenting di Sumatra Utara. 

  • Danau Segara Anak

Terletak di Gunung Rinjani, Lombok yang terkenal sebagai salah satu gunung tertinggi dan terindah di Indonesia, danau segara anak dipastikan memiliki panorama super indah. Danau ini juga memiliki beragam jenis ikan, bagi anda yang hobi mendaki gunung dan juga memancing, danau ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Di tengah danau ini terdapat volcano yang merupakan anak Gunung Rinjani.

  • Danau Gunung Tujuh

Termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, danau indah ini terletak di Gunung Tujuh, sebuah gunung yang terletak tepat di belakang Gunung Kerinci yang merupakan gunung api tertinggi di Indonesia. Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, dengan letaknya yng berada di ketinggian 1.950 mdpl. Panorama keindahan danau ini sayang untuk anda lewatkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES