Pendidikan

Mahasiswa STPP Malang Raih Juara LKTI Nasional di Bali

Jumat, 17 Maret 2017 - 16:39 | 134.38k
Ketua STPP Malang, Siti Munifah bersama mahasiswa peraih juara 2 LKTI Formatani tingkat nasional wilayah III 2017. (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)
Ketua STPP Malang, Siti Munifah bersama mahasiswa peraih juara 2 LKTI Formatani tingkat nasional wilayah III 2017. (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang berhasil menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (Formatani) tingkat nasional wilayah III 2017 di Universitas Udayana (Unud), Bali.

Tiga mahasiswa STPP Malang, yaitu Agus Salim, Chusnul Marfuah, dan Yeni Pramita sukses meraih juara 2 dalam ajang yang diikuti berbagai perguruan tinggi yang memiliki fakultas atau jurusan pertanian ini. 

stpp-malang37hd9Q.jpg

Para peserta LKTI berasal dari berbagai perguruan tinggi, meliputi: Pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara (NTB, NTT), Kalimantan (Kalsel, Kalbar, dan Kaltim), Sulawesi Utara (Manado), dan Papua.

Ketiga mahasiswa ini mengangkat tema karya ilmiah "Pemanfaatan Limbah Baglog Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) dengan Penambahan Aktivator Feses Kambing sebagai Bahan Kompos".

stpp-mlaang2H2Bj6.jpg

Sementara juara 1 diraih Universitas Brawijaya Malang, dan juara 3 direbut oleh Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Setelah melalui seleksi, dipilih sejumlah karya finalis LKTI yang dipresentasikan di kampus II Unud pada Kamis (16/3/2017). Karya mahasiswa STPP Malang yang mengangkat topik pemanfaatan limbah baglog jamur tiram ini sukses meraih juara 2.

Untuk diketahui, limbah baglog jamur tiram yang sudah afkir (tidak tumbuh lagi) ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya sebagai pupuk kompos. Dengan ditambahkan feses kambing, limbah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang berguna bagi tanaman.

stpp-mlgZjCle.jpg

Ketua STPP Malang, Siti Munifah mengaku bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya. "Tentu kami bangga atas prestasi yang diraih mahasiswa STPP Malang. Prestasi harus terus ditingkatkan dan menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berkarya," ujar Munifah kepada TIMES Indonesia, Jumat (17/3/2017).

Dia mendorong para mahasiswa menunjukkan kreatifitas dan kompetensinya pada event regional, nasional, bahkan internasional.

Harapannya, karya dan inovasi civitas akademika STPP Malang terus berkembang baik secara kuantitas maupun kualitas. 

"Karya yang dihasilkan harus aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung kemajuan pertanian Indonesia," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES