Peristiwa Daerah

Bupati Bondowoso:  Bondowoso Harus Segera Keluar dari Daerah Tertinggal

Jumat, 17 Maret 2017 - 13:35 | 28.77k
Acara Bimbingan dan arahan pengelolaan keuangan desa yang diadakan Pemkab Bondowoso. (Foto: TIMES Indonesia)
Acara Bimbingan dan arahan pengelolaan keuangan desa yang diadakan Pemkab Bondowoso. (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sematan daerah tertinggal untuk Kabupaten Bondowoso akan segera lepas. Hal tersebut bisa terealisasi dalam waktu singkat jika semua elemen bersatu padu dalam menyelesaikannya.

Pada acara Bimbingan dan Arahan Pengelolaan Keuangan Desa TA 2017, penyerahan sertifikat dan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada Perangkat Desa di Pendapa Bupati, Jumat (17/3/2017), Bupati Bondowosos, H Amin Said Husni, meminta dukungan ratusan kepala desa yang hadir berkaitan dengan status daerah tertinggal.

"Salah satu yang menjadi indikator daerah tertinggal adalah lama rata-rata sekolah. Untuk para kepala desa, jika ada warganya usia sekolah belum sekolah  harus disekolahkan," pinta Bupati Amin.

Disamping itu, menurut Amin Said, yang sudah dua periode menjabat ini, bagi yang sudah bukan usia sekolah, agar desa  menyelenggarakan pendidikan kesetaraan dan keaksaraan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso dan PGRI.

bpjs-bondowoso1H4qe.jpg

"Pendidikan kelompok belajar (Kejar)  paket harus dilaksanakan di setipa desa," pintanya lagi.

Bahkan, Amin Said mendorong agar wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) bisa dialokasikan melalui keuangan desa dengan program beasiswa untuk anak usia sekolah minimal 5 orang perdesa. 

Menurut Amin Said, dorongan ini adalah gagasan Ketua DPRD Bondowoso, H Ahmad Dhafir.

bpjs-bondowos21ZMnd.jpg

Sementara, berkaitan dengan kesehatan, Amin Said mendorong agar Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB) bisa ditekan.

Sedangkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Amin Said meminta Kepela Desa untuk  menggerakkan perekonomian desa. Baik itu BUMdes maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di desa masing-masing.

"Dengan begitu, jika simultan tahun depan secara otomatis Bondowoso bisa keluar dari daerah tertinggal. Bondowoso harus segera keluar dari daerah tertinggal. Dan Menteri Desa sangat mendukung hal tersebut," ungkap Amin Said. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES