Indonesia Positif Universitas Islam Malang

FE Unisma bahas Masalah Krusial Para Investor di Pasar Modal Indonesia

Jumat, 10 Maret 2017 - 23:09 | 50.35k
Seminar Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang bekerjasama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia dan PT Bursa Efek Indonesia di Malang Jumat (10/03/2017) (Foto: AJP. TIMES Indonesia)
Seminar Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang bekerjasama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia dan PT Bursa Efek Indonesia di Malang Jumat (10/03/2017) (Foto: AJP. TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang bekerjasama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia dan PT Bursa Efek Indonesia  Menyelenggarakan Seminar dengan Topik “ Mekanisme Perlindung Investor di pasar Modal Indonesia. 

Acara ini digelar bermula dari permasalahan krusial yang sering dialami investor di Pasar Modal Indonesia

Perlindungan investor menjadi sangat krusial, dimana beberapa negara telah mengambil langkah-langkah penting untuk melindungi investor dari skema produk dan praktik pelanggaran hukum, dan membawa transparansi pasar modal ke tingkat yang lebih tinggi.

Dimana setiap investor berhak mendapatkan perlindungan yang layak,  sehingga mudah selayaknya  menyediakan informasi dan fasilitas yang membantu investor dalam menghindari kesalahan, dan juga meningkatkan standar broker-dealer untuk selalu mendahulukan kepentingan investor.

Acara yang digelar pada Jumat (10/03/2017) di lantai 3 Hall KH. Oesman Mansoer Unisma ini diikuti mahasiswa dan umum dengan sangat antusias.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang Nur Diana SE, M.Si menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan seminar tersebut,  mengingat di Fakultas Ekonomi memiliki Galeri Investasi dimana sebagian besar mahasiswa juga bertindak sebagai investor. 

Untuk itu pengenalan bentuk-bentuk yang ditawarkan oleh PT. KSEI  untuk memberikan perlindungan terhadap investor khususnya mahasiswa sangat krusial dan mempunyai arti penting. Setiap investor berhak mendapatkan perlindungan yang layak.

"Kami berharap dalam praktiknya dari layanan dan jasa pada perlindungan investor mampu menyediakan informasi dan fasilitas yang bisa membantu investor dalam menghindari kesalahan, dan juga meningkatkan standar broker-dealer untuk selalu mendahulukan kepentingan investor," pungkas Nurdiana.

Sedangkan narasumber dari PT KSEI  dalam paparannya menyatakan bahwa  perlindungan terhadap investor disediakan oleh KSEI, sebagai lembaga Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian di pasar modal meluncurkan AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yang memberikan fasilitas, setiap investor dapat memantau aktivitas investasinya secara langsung yang disimpan di KSEI.

Fasilitas AKSes penting bagi para investor untuk memantau portofolio investasinya yang dikelola Perusahaan Efek secara langsung.

"Kalau terpantau secara langsung tentu saja lebih aman, transparan dan akurat,  jadi program yang diluncurkan oleh PT. KSEI bertujuan untuk  perlindungan investor dan untuk meningkatkan jumlah investor dan transaksi reksa dana," jelasnya.

Faisol salah satu peserta seminar merasa sangat menikmati dan senang bisa mengikuti kegiatan ini. "Ini merupakan pengetahuan yang harus dipahami oleh para mahasiswa dalam berlatih menjadi pialang di pasar modal dan sebagai informasi menarik bagi para followernya," ungkap Faisol.

Acara kegiatan seminar ini diakhiri dengan sesi diskusi yang sangat menarik minat peserta sebanyak 150 orang. Peserta ini  berasal dari mahasiswa maupun masyarakat luar. Peserta sangat antusias serta banyak memberikan pertanyaan kepada narasumber.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES