Peristiwa Nasional KH Hasyim Muzadi Wafat

Penghormatan Terakhir, Makam KH Hasyim Digali Para Santri

Kamis, 16 Maret 2017 - 16:44 | 29.58k
Para santri bahu membahu menggali makam KH Hasyim Muzadi (Foto: kompas)
Para santri bahu membahu menggali makam KH Hasyim Muzadi (Foto: kompas)
FOKUS

KH Hasyim Muzadi Wafat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebelum jenazah tiba, makam KH Hasyim Muzadi di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Depok sudah disiapkan secara gotong royong oleh para santri pada Kamis (16/3/2017).

Dibantu warga sekitar, puluhan santri menggali makam dalam areal pondok pesantren di Kecamatan Beji, Kota Depok.

"Sebagai seorang santri, ini bentuk penghormatan terakhir kami untuk Abah (panggilan KH Hasyim di kalangan santri)," ujar salah seorang santri, Luthfi Zainudin.

Pria berusia 22 tahun menuturkan jika sosok KH Hasyim dianggap para santri sebagai tokoh sentral pemimpin pesantren yang sangat dihormati. Menurutnya, KH Hasyim merupakan tokoh nasional, baik dalam organisasi dan keagamaan.

Mantan Ketua Umum PBNU itu pun dianggap sebagai sosok penggerak Islam yang monderat. Sering ia berpesan pada para santrinya untuk tidak membedakan satu sama lain, saling menghormati tanpa memandang status.

Selain itu, KH Hasyim disebutnya sebagai pribadi yang bijaksana dan selalu mementingkan umat. Bahkan, dengan kondisi sakit, ia masih sempat melakukan khataman Al Quran bersama para santri di Ponpes Al Hikam Depok.

"Meski sakit, Abah tidak mempedulikan kondisi kesehatannya. Sering kali memprioritaskan dirinya untuk umat," imbuh Luthfi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES