Peristiwa Nasional KH Hasyim Muzadi Wafat

Gus Sholah: Bangsa Ini Kehilangan Tokoh Besar

Kamis, 16 Maret 2017 - 12:14 | 42.77k
Prosesi shalat jenazah KH Hasyim Muzadi di Ponpes Al Hikam Kota Malang, Kamis (16/3/2017) (Foto: TIMES Indonesia)
Prosesi shalat jenazah KH Hasyim Muzadi di Ponpes Al Hikam Kota Malang, Kamis (16/3/2017) (Foto: TIMES Indonesia)
FOKUS

KH Hasyim Muzadi Wafat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ulama dan tokoh nasional Sholahudin Wahid mengatakan, Indonesia telah kehilangan tokoh besar dengan meninggalnya mantan Ketua PB Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi.

Hal ini disampaikan Sholahudin Wahid di rumah duka kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Jalan Cengger Ayam, Kota Malang, Jawa Timur.

"Bangsa ini kehilangan tokoh besar," ucap Gus Sholah, panggilan akrabnya, kepada wartawan.

disolatkan-nyarsendaxc1Y0.jpgFoto: Senda Hardika/TIMES Indonesia

"Saya memang sudah lama tidak berkomunikasi dengan beliau. Tapi melalui cerita putranya, Kiai Hasyim selama sakit terus menanyakan kondisi bangsa dan juga NU," lanjut Gus Sholah.

Gus Sholah melanjutkan, Kiai Hasyim adalah sosok ulama dan negarawan yang selalu memikirkan kebaikan umat dan juga bangsa Indonesia.

disolatkan-nyar-1sendaq2arO.jpg Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia

"Kiai hasyim jiwa Indonesia. Bagian dari Indonesia. Sosok Indonesia ya kiai Hasyim. Ia tak peduli sakitnya. Tapi hampir setiap detik selalu menanyakan kondisi bangsa Indonesia," ucapnya.

Saat melayat ke rumah duka, Gus Sholah juga menyempatkan diri menjadi imam shalat jenazah bagi Hasyim Muzadi di Masjid Al Ghazali  yang ada di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam.

disolatkan-nyar2-sendah4HnP.jpgFoto: Senda Hardika/TIMES Indonesia

Sesuai informasi, shalat jenazah terakhir akan dilakukan bertepatan dengan shalat dhuhur. Setelah itu, jenazah akan dilepas secara militer menuju Bandara Abdulrachman Saleh, Malang untuk menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Sesuai rencana Kiai Hasyim akan dimakamkan di Al Hikam Depok, Jawa Barat sore hari ini.

Rombongan pengiring jenazah dari keluarga, para santri Al Hikam dan lainnya ikut ke Jakarta dengan jalur udara, menggunakan pesawat Hercules.

Hingga saat ini, ribuan pelayat tampak memadati lingkungan kediaman Hasyim Muzadi.

Para pelayat yang datang melaksanakan shalat jenazah di Masjid Al Ghazali lingkungan Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES