Gaya Hidup

Pasangan Suami-Istri Ingin Harmonis? Baca Ini Ya...

Kamis, 16 Maret 2017 - 05:15 | 221.14k
ILUSTRASI: Harmonis (Foto: istimewa)
ILUSTRASI: Harmonis (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membangun keluarga yang harmonis harapan semua orang. Namun, tak semua orang bisa menjalaninya. Karenanya, ada banyak cara supaya bisa membangun hubungan suami-istri atau keluarga harmonis.

Beberapa studi menunjukkan alasan utama pasangan yang mengalami kesulitan dalam kehidupan pernikahan karena keduanya menyimpan rasa sakit, marah, dan dendam. 

Bila hal itu dibiarkan, tentu akan mengancam keharmonisan dan keberlangsungan pernikahan Anda. 

Namun, suami-istri bisa mengatasinya dengan cara melakukan banyak perbaikan emosi dari kedua belah pihak.

Diharapkan, tumbuh kebiasaan-kebiasaan yang bisa membantu memperbaiki keadaan rumah tangga Anda dan membuatnya lebih harmonis.

Ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalani. Pertama, tumbuhkan rasa hormat dan kagum. Ingatkan kepada diri sendiri tentang kualitas positif dari suami dan puji ia beberapa kali dalam sehari.

Anda harus saling pahami pemikirannya dan dengarkan sudut pandang suami ketika sedang berdiskusi. Itu yang harus Anda perhatikan lebih dalam.

Kedua, saat suami pulang kerja, Anda bisa menyapanya dengan: "Bagaimana harimu, Sayang?". Percakapan seperti itu menunjukkan rasa empati dan pengertian. 

Selain itu, juga bisa membantu membangun ikatan yang lebih dalam dan kuat sehingga menghilangkan keinginan untuk bertengkar.

Ketiga, pastikan untuk selalu mengekspresikan pemikiran, perasaan, dan keinginan Anda kepada pasangan. Namun, Anda harus melakukan dengan cara yang sopan dan tidak menuntut. 
Jika memendam segala sesuatunya sendiri, nanti akan menimbulkan dendam. Keempat adalah memaafkan suami. Hal itu bukan berarti membenarkan perlakuan suami yang menyakiti kita. 

Namun, memaafkan membuat kita lebih mudah untuk move on dan melupakan masalah tersebut. Anda harus selalu ingat bahwa pasangan Anda adalah sebuah tim. Jika melakukan kesalahan sudah bisa tapi harus terus dievaluasi dan diperbaiki bersama.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES