Kuliner

Ini Makanan Khas Indonesia yang Unik

Kamis, 16 Maret 2017 - 08:05 | 117.89k
ILUSTRASI: Makanan Khas Indonesia. (Foto: hypermart)
ILUSTRASI: Makanan Khas Indonesia. (Foto: hypermart)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia yang kaya akan budaya dan suku bangsa tentunya memiliki makanan khas di masing-masing daerah. 

Makanan khas itu tentunya dipengaruhi oleh latar belakang adat budaya juga letak geografis. Makanan tersebut dibuat berdasarkan ketersediaan bahan pangan di suatu daerah. Jadi tak heran bila beberapa makanan disebut unik bahkan aneh.

Berikut makanan nusantara yang unik:

KapurungAHGXR.jpg

Kapurung semacam bubur sagu, tapi berbentuk bulat, dengan tambahan sayuran dan seafood, seperti udang, cumi, kerang, ikan tongkol dan ikan tuna. Hidangan ini memakai asam papikala, yang mirip honje atau kecombrang. 

Makanan asal Makassar ini tidak perlu disantap memakai nasi karena kadar karbohidratnya sudah didapatkan dari kapurung. 

Bulung-Mahasiswa-Ketje5GSx.jpg

Bulung merupakan rumput laut yang kandungan gizinya sangat baik, bahkan sering kali dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. 

Makanan ini bisa dijumpai di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali, biasanya dibuat salad, diberi kuah pindang, ataupun diberi taburan kelapa dan kacang-kacangan. Teksturnya renyah yang berasal dari rumput laut. 

Ketupat-bintangzB10Y.jpg

Makanan ini sering dijumpai di Jakarta karena merupakan khas Betawi. Bahannya dari kepala sapi; dagingnya diambil lalu dimasak dengan kuah santan dan aneka rempah lokal. Salah satu rempah yang dipakai adalah temu mangga yang berwarna kuning dan berbentuk rimpang. 

Dinamakan temu mangga karena aromanya mirip mangga. Makanan ini semacam gulai, tidak ketinggalan diberikan kelapa muda serut dan biasanya dimakan dengan ketupat. 

Telor-tebu-kulinerpanduanwisatayt75.jpg

Telur tebu merupakan makanan khas Betawi. Tampilannya semacam lodeh, yang biasanya dihantarakan kepada calon besan atau mertua dan dipakai sebagai kelengkapan melamar, selain dodol dan roti buaya. Kini, telur tebu sulit dicari. 

Sayur-asem-jenengkuikujenong9Q7Lp.jpg

Makanan ini bisa ditemukan di daerah Banjarmasin, diolah benar-benar dari rotan, tetapi rotan muda. Rasanya mirip rebung, teksturnya sangat renyah ketika dimakan, lalu dimasak bersama sayur asem. 

Botok-Komunitas-penulisus5O.jpg

Makanan ini bisa dijumpai di Pulau Jawa, yang dibuat dari sarang tawon masih muda, dan dimasak dengan memakai berbagai bumbu. Kemudian, dibungkus dengan daun pisang dan direbus seperti botok. 

ampiang-UD3d-Rajo-BagindoGrlgU.jpg

Ampiang dadiah dibuat dari susu kerbau yang dikoagolasi dan diberikan asam dari jeruk nipis. Ini semacam yogurt lalu dimakan dengan ampiang seperti sereal dan diberi gula merah. Jadi, semacam makan yogurt, tapi ini ala Sumatera Barat.

Hmm...Anda sudah pernah mencoba salah satunya? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES