Gaya Hidup

Ini Jenis Kerajinan yang Perlu Anda Kuasai

Kamis, 16 Maret 2017 - 01:11 | 26.05k
ILUSTRASI: Menjahit (Foto: fitinline)
ILUSTRASI: Menjahit (Foto: fitinline)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika Anda ingin mandiri, perlu banyak menguasai jenis kerajinan. Anda harus banyak mengetahui jenis kerajinan. Lihai keterampilan kerajinan tidak harus sebagai hobi. Tapi jika Anda tahu akan banyak manfaatkanya.

Setidaknya, mengetahui dasar-dasar atau cara melakukannya. Jika sudah tahu dasarnya, akan sangat banyak manfaatnya bagi Anda.

Ini beberapa jenis kerajinan tangan yang patut Anda kuasai dasar-dasarnya.

Menjahit

Menjahit adalah keterampilan kerajinan yang paling penting untuk dimiliki. Apakah itu menggunakan mesin jahit atau mengandalkan kemampuan tangan, mengetahui cara menjahit akan selalu bermanfaat. 

Jika Anda tidak berencana untuk menjadi penjahit ahli, setidaknya tahu dasar-dasar cara menjahit. Pelajari cara menjahit hemline. Pelajari cara menjahit kancing. Semua keterampilan itu harus Anda miliki.

Merajut

Anda dapat merancang dan merajut syal, topi beanie, atau bahkan jaket jumper sendiri. Anda bisa merajut untuk diri sendiri, atau orang lain. Anda pasti akan menikmati kegiatan ini.

Kartu ucapan

Kartu ucapan mungkin sudah banyak yang menjual dan mudah untuk didapat. Namun, agar terasa lebih spesial, tiada salahnya Anda berkreasi dengan membuat kartu ucapan sendiri. 

Cetak salah satu foto favorit Anda atau menggambar sebuah desain dengan tangan. Anda tidak harus memiliki visi artistik yang besar. 

Jika Anda mengetahui dasar-dasar desain yang baik, itu sudah cukup. Percayalah, banyak orang akan menghargai keterampilan tangan Anda membuat kartu ucapan sendiri sebagai bagian dari hadiah.

Origami

Model origami yang paling terkenal mungkin adalah paper crane. Seni melipat kertas dari Jepang ini hanya memerlukan sedikit waktu untuk dikuasai. 

Namun ketika Anda melakukannya, hasilnya bisa menjadi sesuatu yang istimewa. Ini bisa digunakan untuk menarik perhatian anak-anak, bahkan juga orang dewasa. 

Anda bisa memanfaatkan hasil keterampilan ini untuk dekorasi pesta, seperti pesta ulang tahun anak.

Sablon

Bayangkan Anda bisa merancang kaus sendiri. Dengan sablon, Anda dapat bisa mewujudkannya. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuat dan menduplikasi karya seni asli Anda sendiri. 

Merangkai bunga

Mengatur dan merangkai bunga secara indah dan rapi bukan tugas yang mudah. Diperlukan pemahaman akan unsur dan nilai estetis agar bisa menghasilkan rangkaian bunga yang cantik. 

Tak hanya itu, seni merangkai bunga adalah cara yang bagus untuk menenangkan diri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES