Gaya Hidup Times Indonesia 9

Sembilan Minyak ini Bikin Kulit Bersinar

Kamis, 16 Maret 2017 - 06:12 | 146.25k
ILUSTRASI - Perawatan kulit dengan bahan alami (Foto: glampy)
ILUSTRASI - Perawatan kulit dengan bahan alami (Foto: glampy)
FOKUS

Times Indonesia 9

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak ingin tampil cantik mempesona? Cantik menawan dengan sentuhan perawatan alami.

Banyak beredar dipasaran beragam jenis perawatan kulit. Baik yang alami maupun kimiawi. Tentu saja alami banyak dipilih, meski hasilnya tak secepat perawatan kimiawi.

Bahan alami minim iritasi, sehingga lebih aman digunakan. 

Bahan alami bisa didapat dari ekstrak sayur dan buah, bahkan minyak. Nah, kali ini Times Indonesia akan mengupas minyak apa saja yang baik untuk kecantikan kulit Anda.

Minyak-Blackcurent-foto-detikL7lAV.jpgFoto: detik

Kandungan  vitamin C Blackcurrant lebih banyak dari pada buah jeruk. Blackcurrant lebih ampuh untuk meremajakan kulit. Tak heran jika minyak blackcurrant banyak digunakan untuk bahan dari berbagai jenis kosmetik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ini sangat cocok untuk kulit dewasa karena dapat membantu meregenerasi kulit dan membuatnya tampak lebih muda. 

Selain itu, minyak blackcurant juga mengandung anthocyanin sebagai antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas, mampu mengobati nyeri dan bengkak, menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko peradangan organ serta mengurangi tanda-tanda penuaan karena mengurangi produksi hormon prostaglandin yang membuat tampilan seseorang menjadi lebih tua.

MInyak-Teh-Hijau-foto-scarlettellyes0nxU.jpgFoto: scarlettelly

Pernahkah anda menggunakan minyak teh hijau? Anda bisa menggunakannya untuk menyingkirkan bekas merah-merah dan jerawat di wajah. 

Anda bisa menggunakannya dengan krim biasa untuk mempermudah pengaplikasiannya pada tubuh. Minyak teh hijau ini sangat penting dalam dunia kosmetik, buktinya telah banyak produk lotion dan pelembab yang menggunakannya sebagai bagian dari komposisi mereka. 

Namun, perawatan yang terbaik adalah buatan sendiri karena bebas kimia dan tidak terkontaminasi.

Minyak-Zaitun-Foto-Manfaatwp9RY.jpgFoto: Manfaat

Minyak zaitun telah digunakan sejak berabad-abad lalu sebagai makanan dan minyak. Bagi anda yang sedang dalam diet dan penerapan pola hidup sehat, minyak zaitun bisa menjadi teman baik anda. 

Nah, kalau untuk kulit, bisa menggunakannya bisa dengan mencampurnya dalam kopi mentah dan akan menjadi scrub yang baik. Anda juga dapat menggunakannya di wajah anda. Banyak studi telah membuktikan bahwa minyak zaitun sangat berguna dalam mengatasi keriput, mengurangi lingkar hitam dalam mata dan menutrisi kulit kering. 

Selain itu, minyak zaitun juga bisa menyuburkan kandungan bagi para ibu yang ingin segera hamil. Bisa juga untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Minyak-Alpikat-Foto-analisadailyq9o30.jpg

Foto: solutiondaily

Banyak yang menyukai alpukat karena selain memberikan rasa yang enak dengan tekstur yang lembut, juga memiliki banyak khasiat. Antara lain membantu meregenerasi kulit dari bekas jerawat, mampu memproduksi kolagen, untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini, vitamin A, D dan E memberikan efek menenangkan pada kulit, sangat baik untuk kulit kering dan bersisik, melembabkan kulit, baik untuk kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru serta menyembuhkan luka bakar. 

Selain itu, minyak alpukat juga mampu memberikan efek segar yang baik untuk daerah leher, belahan dada dan daerah lipatan pada tubuh.

MInyak-Argan-Foto-ArganoilOiCF3.jpgFoto: Arganoil

Minyak yang berasal dari Maroko ini dibuat dari biji pohon Argan. Pohon ini hidup di daerah padang pasair dimana minyak esensial ini dapat membantu anda melawan kulit kering karena argan adalah hidrator alami. 

Kandungannya mampu bekerja melembutkan wajah, leher, tangan hingga rambut. Kandungan vitamin E nya mampu mengurangi jerawat dan menangkis perubahan warna kulit.

Minyak-Marula-Foto-pic-slmF7V2.jpgFoto: pic-slm

Yang satu ini juga tak kalah hebat khasiatnya. Minyak yang dibuat dari buah Marula dan berasal dari Afrika ini merupakan rahasia kecantikan perempuan Kenya selama ratusan tahun. 

Mampu melindungi kulit dari dehidrsi bahkan di tempat yang panas. Memiliki kandungan asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh kulit untuk menangkal radikal bebas dan membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

graylinewestyaKwe.jpgFoto: graylinewest

Minyak jojoba dihasilkan dari biji tanaman jojoba, yakni sejenis tumbuhan semak yang tumbuh di gurun Sonora, Arizona, California Selatan dan Meksiko. Minyak ini sangat baik untuk mencegah hilangnya kelembaban kulit, menenangkan kulit yang teriritasi, mengatasi jerawat dan mengurangi merah-merah dan bekas luka pada kulit. 

Bagi yang tinggal di daerah kering dan tropis seperti Indonesia, minyak ini memang sangat bermanfaat. Minyak Jojoba juga berguna untuk kesehatan rambut, di antaranya untuk menjaga kelembaban rambut, mengurangi kekusutan rambut, mencegah rambut bercabang dan mampu menghilangkan bekas produk rambut yang menempel seperti gel, hair spray dan mousse.

Minyak-Pome-Foto-imgrum9kxLO.jpgFoto: imgrum

Pomegranate atau di Indonesia lebih dikenal sebagai buah delima memang tergolong sebagai salah satu super food karena kaya akan antioksidan dan memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh. 

Buah ini tak hanya enak untuk dimakan, namun bisa juga diolah menjadi minyak yang terbukti mampu menjadi antioksidan kulit, menjaganya tetap sehat dengan mengurangi garis-garis keriput, mencerahkan warna kulit kusam, menjaga kulit agar tetap terhidrasi, menjaga elastisitas kulit, mengencangkan kulit dan menjaganya dari bahaya sinar matahari.

Minyak-Kelapa-Foto-13dbYoCE6.jpgFoto: 13db

Nah ini dia juara nomer satu dalam merawat kulit tetap sehat. Perempuan di daerah tropis telah menggunakan minyak kelapa untuk memberikan efek tenang pada kulit akibat panas matahari dan laut. Juga untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kulit kering. Minyak kelapa bisa menjaga kulit sehat dari dalam, dengan mengkonsumsi minyak kelapa versi food grade di toko dan supermarket terdekat, atau bisa digunakan saat memasak dan membuat salad. 

Untuk perawatan kulit dari luar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebagaicheekbone highlighter dengan mengaplikasikan sedikit minyak kelapa di pipi setelah menggunakan make up untuk efek mencerahkan. 

Body scrub: campur dengan gula pasir dan lulurkan pada tubuh sebagai body scrub. Make up remover: untuk membersihkan make up dan merangsang pertumbuhan bulu mata. Lip balm dan Lip gloss: langsung usapkan pada bibir untuk mencegah bibir kering dan menjaganya tetap berkilau. 

Bisa juga sebagai stretch mark preventer (melawan garis-garis kulit akibat kehamilan dan operasi),massage oil, body moisturizer, sunburn care, tanning oil, dry feet treatment, elbow rub, kondisioner dan melawan rambut bercabang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES