Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Dinas Pertanian Bondowoso Menggelar Kontes Produk Unggulan

Rabu, 15 Maret 2017 - 16:28 | 81.95k
Suasana kontes buah unggulan lokal yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Bondowoso, Rabu (15/3/2017) (Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)
Suasana kontes buah unggulan lokal yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Bondowoso, Rabu (15/3/2017) (Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menggelar kontes Buah Lokal Unggulan. H Munandar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso menjelaskan bahwa kontes buah unggulan lokal ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong konsumsi buah lokal kepada masyarakat.

Selain itu, juga sebagai ajang promosi untuk mengenalkan buah unggulan lokal di Kabupaten Bondowoso. 

"Acara ini tidak lain adalah sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan konsumsi buah lokal pada masyarakat Bondowoso. Selain itu, juga sebagai ajang mengenalkan potensi buah lokal," ujarnya. 

Kontes-Produk-Unggulan-BCOoXR.jpg

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Disperta memilih tiga buah yang paling diminati masyarakat untuk dikonteskan, yaitu buah durian, pisang serta alpukat. Ketiga buah ini dipilih karena dirasa paling diminati oleh masyarakat yang mendapat julukan republik kopi tersebut. 

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Bondowoso, KH Shalwa Arifin mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Disperta. Kedepannya, dia meminta kepada seluruh SKPD agar bersinergi dalam mengembangkan potensi buah lokal yang ada di Bondowoso. 

"Kedepan saya meminta kepada seluruh SKPD terkait agar mengembangkan potensi buah lokal yang ada agar komoditas lokal unggulan Bondowoso ini tidak hanya dinikmati pada waktu panen saja. Saya berharap ada upaya pemberdayaan kepada masyarakat dalam memproduksi produk olahan dari buah lokal asli Bondowoso," katanya. 

Kontes-Produk-UnggulanEOkgM.jpg

Selain itu, Shalwa juga berpesan kepada Disperta Kabupaten Bondowoso untuk menginventarisir komoditas unggulan yang dapat dikembangkan. Hal dirasa perlu agar produk unggulan tersebut dapat mampu memperdayakan ekonomi kerakyatan. 

"Saya harap Dinas Pertanian bisa menginventarisir komoditas unggulan Bondowoso agar produk unggulan tersebut dapat memberdayakan ekonomi masyarakat," pungkasnya.  Dalam acara kontes buah unggulan kali ini, Disperta Bondowoso mengundang perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur sebagai tim juri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES