Indonesia Positif Ketahanan Informasi Budaya

Kampung Budaya Polowijen Destinasi Wisata Kota Malang

Rabu, 15 Maret 2017 - 14:16 | 86.35k
Sarasehan Kampung Budaya Polowijen (Foto: AJP. TIMES Indonesia)
Sarasehan Kampung Budaya Polowijen (Foto: AJP. TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Budaya

TIMESINDONESIA, MALANG – Kota Malang memiliki sejarah panjang yang sayang jika dilewatkan. Setiao sudut perkampungan di Kota Malang punya cerita sendiri. Salah satunya Kampung Polowijen, menurut berbagai referensi sejarah daerah itu kaya akan kebudayaan dan kesenian. 

Dalam perkembangannya, masyarakat mulai tergugah untuk bersama-sama mengembangkan budaya, seni, dan tradisi seiring dengan berbagai macam benturan kebudayaan dan makin pupusnya nilai-nilai yang berkembang di masyarakat.

Menurut juru bicara Kampung Budaya Polowijen, Isa Wahyudi, kesadaran itu dibangun atas keprihatinan sosial untuk mengembalikan kampung Polowijen sebagai entitas budaya yang terkenal. 

Karena itulah, masyarakat Polowijen berharap mampu menjaga kelestarian dan kehidupan bermasyarakat dengan semangat gotong-royong, menjaga kelestarian dan keseimbangan alam, lingkungan, seni, tradisi, budaya dan religi melalui wadah Kampung Budaya Polowijen.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Kota Malang, Erni Farida memberikan tiga rekomendasi terkait pengembangan Kampung Budaya Polowijen. Pertama, membangkitkan Kampung Budaya Polowijen dari aspek sosial, ekonomi, lingkungan, budaya dan religi.

“Berikutnya, mengembangkan ekonomi kreatif dan kerakyatan melalui program kegiatan Kampung Budaya Polowijen,” ujar Erni saat sarasehan ‘Upaya Mencari Hari Jadi Polowijen’ di Polowijen, Malang, Selasa (14/03/2017) malam.

Rekomendasi ketiga, tambah Erni, menjadikan Kampung Budaya Polowijen sebagai destinasi dan daya tarik wisata di Kota Malang.

“Tiga rekomendasi itu diharapkan akan mampu membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat Polowijen dan sekitarnya,” ujar Erni.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES