Peristiwa Daerah

Aplikasi Silapar, Inovasi Teknologi Perpustakaan Banyuwangi

Rabu, 15 Maret 2017 - 11:47 | 149.58k
Banner Silapar Perpusda Banyuwangi (Foto: Humas Pemkab)
Banner Silapar Perpusda Banyuwangi (Foto: Humas Pemkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perpustakaan Daerah Banyuwangi meluncurkan program layanan online berjudul Sistem Aplikasi Layanan Pesan Antar (Silapar) Buku. Aplikasi ini untuk menarik minat baca masyarakat. Program ini memberikan pelayanan antar buku bagi masyarakat hanya dengan memesannya lewat telepon seluler berbasis Android.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah daerah ingin kembali menghidupkan budaya literasi di masyarakat. Hal itu merupakan sebuah tantangan yang cukup berat karena masyarakat sekarang lebih senang membaca informasi lewat internet.

“Membangun budaya membaca menjadi tantangan buat kita. Tapi tetap harus dicoba, makanya kita ingin memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses buku-buku di perpustakaan, khususnya untuk peminjaman lewat layanan ini. Sangat memudahkan, saya bahkan sudah mencoba pesan buku lewat aplikasi ini dan sudah diantarkan ke rumah,” kata Anas, Rabu (15/3/2017).

Ditambahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banyuwangi, Abdul Kadir, untuk bisa mendapatkan layanan Silapar Buku, setiap orang harus men-download aplikasi ini terlebih dahulu melalui Google playstore dan mendaftar secara online.

Setelah itu, untuk aktivasi, pendaftar harus datang ke perpustakaan daerah sekaligus untuk konfirmasi dan melakukan photo session guna mendapatkan kartu anggota. “Prosesnya tidak memakan waktu lama dan bisa ditunggu,” terang Kadir.

Kadir menjelaskan, meskipun merupakan aplikasi online, pengguna layanan ini tetap harus berkunjung ke perpustakaan untuk menjamin keaslian identitas peminjam sebelum aktivasi. Sekaligus untuk mendekatkan perpustakaan pada masyarakat.

“Pada intinya, teknologi hanya pendukung. Tapi kami tidak melupakan sistem konvensional perpustakaan itu sendiri. Jadi tak hanya trend jumlah anggota perpustakaan yang mengalami kenaikan, tetapi juga pengunjung,” kata Kadir lagi.

Untuk daerah pelayanan sementara baru menjangkau kawasan kota Banyuwangi. Waktu pemesanan online bisa kapan saja, tapi proses pengirimannya menyesuaikan jam kerja. Untuk pemesanan pukul 07.00-11.00 WIB, buku akan diantar diatas jam 11.00 siang. Sedangkan pemesanan diatas jam 11.00 WIB akan diantar keseokan harinya.

“Ada petugas khusus yang mengantarkan buku-buku tersebut ke rumah si pemesan dengan mengendarai kendaraan operasional berupa sepeda motor,”ujar Kadir

Sementara itu untuk pengembalian bukunya, si pemesan mengembalikan dengan datang langsung ke perpustakaan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sely Novita

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES