Peristiwa Nasional

Hotel CJH Indonesia Tersebar di 5 Lokasi, di Mana Saja?

Rabu, 15 Maret 2017 - 12:24 | 52.79k
Pemondokan jamaah haji di Sektor VI wilayah Jarwal berjarak 1.000 meter dari Masjidil Haram. (Foto: republika)
Pemondokan jamaah haji di Sektor VI wilayah Jarwal berjarak 1.000 meter dari Masjidil Haram. (Foto: republika)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Tim Penyedia Akomodasi Jemaah Haji Indonesia Kemenag RI, Nasrullah Jassam, mengungkapkan sampai saat ini Kemenag sudah berhasil negosiasi lebih dari 40% kebutuhan akomodasi calon jemaah haji (CJH) Indonesia.

Menurut Nasrullah, sebagian besar dari hotel yang sudah dinego adalah pemesanan ulang (repeat order) dari akomodasi yang sudah digunakan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu. Untuk akomodasi baru proses verifikasinya lebih lama sehingga belum banyak banyak yang dilakukan proses negosiasi

"Yang 40% sudah deal negosiasi, tinggal kontrak saja. Tapi tentu kontrak ini nunggu keputusan besaran BPIH yang sampai saat ini masih dalam pembahasan antara Kementerian Agama dengan DPR RI," terangnya.

Hotel yang sudah dinego tersebar di 5 lokasi, yaitu: Mahbas Jin, Syisah, Raudhah, Aziziyah, dan Jarwal. "Tim akomodasi saat ini masih terus bernegosiasi dengan para pemiliki hotel di Makkah. So far baik-baik saja untuk Makkah, meski nego agak sedikit alot," tambahnya.

Negosiasi cukup alot. Karena rata-rata pemilik hotel ingin menaikan harganya. Kondisi ini dipengaruhi juga oleh kembali normalnya kuota jemaah haji seluruh negara pada musim ini. Akibatnya, kebutuhan terhadap akomodasi jemaah juga meningkat.

Nasrullah memastikan kualitas hotel yang akan digunakan calon jemaah haji Indonesia tahun ini sama dengan tahun lalu. Selain harus ada mushola dan ruang makan untuk keperluan pembinaan jemaah, hotel juga harus mudah diakses oleh bus sholawat serta kendaran pengantar katering.

"Akomodasi yang repeat order rata-rata minta kenaikan harga. Tim sedapat mungkin nego agar sama dengan harga tahun lalu. Kalau pun ada kenaikan, itu tidak lebih dari 1.5% dari harga tahun lalu," jelasnya.

Tim akomodasi sudah berangkat ke Arab Saudi pada 20 Februari 2017 lalu. Beranggotakan 12 orang, tim ini akan bertugas selama 85 hari di Tanah Suci dengan fokus target mendapatkan hotel yang representatif bagi 204 ribu jemaah haji regular.

Selama bertugas di Arab Saudi, tim akomodasi akan bekerjasama dengan tenaga pendukung yang terdiri dari warga Negara Indonesia (WNI) yang mukim di Arab Saudi serta Kantor Urusan Haji (KUH) Konsulat Jenderal RI di Jeddah. Semuanya akan bekerja sesuai dengan Pakta Integritas yang telah ditandatangani bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES