Ekonomi

Angka Kemiskinan Tinggi, Presiden Minta Jatim Fokus di Tiga Sektor

Selasa, 14 Maret 2017 - 21:26 | 22.40k
Presiden Joko Widodo saat memimpin ratas di Istana Kepresidenan (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo saat memimpin ratas di Istana Kepresidenan (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menegaskan jika Provinsi Jawa Timur masih memiliki angka kemiskinan yang tinggi. Untuk itu ia meminta fokus pembangunan di tiga sektor utama yakni industri pengolahan, perdagangan dan jasa, serta pertanian.

Hal itu disampaikan presiden saat membuka Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Jawa Timur, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/3/2017) petang WIB.

"Pertumbuhan di 3 sektor ini yang membuat perekonomian di Jawa Timur mampu tumbuh relatif tinggi dan berkesinambungan. Tahun 2016, perekonomian di Jawa Timur tumbuh 5,55%, lebih tinggi dari rata-rata nasional," ujarnya.

Menurut presiden, pertumbuhan ekonomi di Jatim akan makin tinggi jika bisa lebih fokus lagi untuk melakukan terobosan dan meningkatkan kinerja di tiga sektor unggulan tersebut.

Caranya bisa dengan mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung, pengurangan biaya logistik, bantuan teknis, maupun penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas melalui program pendidikan dan pelatihan vokasi secara masif dengan melibatkan kalangan industri.

"Dan juga jangan lupa mengajak pondok-pondok pesantren yang banyak tersebar di Jawa Timur untuk untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan keterampilan yang berguna,” imbuhnya.

Hal itu amat penting karena presiden berharap pertumbuhan yang semakin tinggi itu bisa berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan di Jawa Timur yang masih berada pada level 11,85 persen atau 1,15 lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Selain itu, pembangunan juga harus berdampak dalam upaya mengurangi ketimpangan pendapatan yang masih berada di tingkat lebih tinggi, yaitu 0,402 dibandingkan rata-rata nasional 0,397. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES