Indonesia Positif Universitas Islam Malang

UNISMA Melakukan Sosialisasi K13 di Seluruh Indonesia

Selasa, 14 Maret 2017 - 08:36 | 60.33k
Rektor UNISMA Malang Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si bersama Kepala MAN Purwodadi Drs. H. Suhamto, M.Pd (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Rektor UNISMA Malang Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si bersama Kepala MAN Purwodadi Drs. H. Suhamto, M.Pd (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Universitas Islam Malang mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat dengan silaturahmi.

Sabtu (11/3/2017) UNISMA  bersilaturahmi ke MAN Purwodadi Grobokan Jawa Tengah sekaligus menyelenggarakan kegiatan Workshop untuk para Guru MAN dengan tema Pengembangan Metode Penelitian Berbasis Kurikulum 2013.

Kegiatan ini diikuti oleh para Guru MAN/ MA di lingkungan LP Ma'arif Grobokan Jawa Tengah. Tujuannya untuk merubah pola pikir guru agar mampu menjadi kreator, inovator, fasilitator, dinamisator sekaligus menjadi motivator.
 
Rektor Universitas Islam Malang Prof. Dr. H. Masykuri M.Si menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang diberikan. 

Unisma-lagin8TSj.jpg

Prof. Masykuri juga menjelaskan perubahan kebijakan terkait pelaksanaan kuikulum 2013 sampai saat ini merupakan topik yang terus menerus disosialisasikan ke sekolah-sekolah di Indonesia. 

Dinamika ini selalu dicermati oleh UNISMA secara komprehensif, oleh karena itu sebagai perguruan tinggi Islam yang mengemban misi serta amanah warga nahdliyin selalu ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Karena itu UNISMA berperan dalam upaya melakukan percepatan sosialisasikan kurikulum 2013 ke seluruh tanah air.

“Saat ini UNISMA mempunyai 2 orang tutor nasional K13 yang siap ditunjuk menjadi nara sumber terkait dengan upaya peningkatan dan kompetensi tenaga pendidik di Indonesia,” terangnya.

Prof Masykuri pada sesi pemateri juga menegaskan pentingnya discovery learning dalam proses pembelajaran harus dilakukan agar peserta didik mampu mengkonstruksi berbagai pengetahuan yang digali dari pengalaman nyata dari lapangan, dan ini harus difahami oleh para pendidik di lingkungan MAN/MA.

Sementara itu Kepala MAN Purwodadi Drs. H. Suhamto, M.Pd saat memberikan sambutan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada UNISMA yang telah mengadakan kegiatan positif ini di MAN Purwodadi, serta berharap kegiatan seperti tidak hanya sekarang saja, ke depan bisa dilanjutkan. 

unisma-mE0RKV.jpg

"Untuk para peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya untuk mengembangkan profesioanal guru," jelas Suhamto.

Lebih lanjut Suhamto mengatakan, kegiatan ini istimewa, karena bagi UNISMA ini merupakan rangkaian Dies Natalis 36 UNISMA  yang berbarengan dengan kegiatan Milad 39 MAN Purwodadi.

“Ini istimewa, dies natalis UNISMA dan milad MAN Purwodadi, bisa mengadakan kegiatan bersama,” pungkasnya.

Ahmad Rofiq salah satu peserta workshop mengungkapkan kegiatan ini sangat penting bagi para guru di dalam mengembangkan kompotensi sebagai pendidik yang dimiliki. 

"Ini langkah kongkrit Unisma dalam melaksnakan program tri darma perguruan tinggi sesuai dengan bidangnya, saya berterimaksih kepada Unisma", jelasnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 65 peserta guru dari MAN/MA delegasi dari berbagai daerah di Grobokan. 

Dalam sesi akhir kegiatan tersebut  Rektor Unisma menyambut baik atas keinginan beberapa pihak dari Kepala Madrasah dan pengurus LP MAARIF Purwodadi Grobokan. 

Dalam waktu dekat kelompok kerja guru akan bersilaturahmi ke Unisma utk menindaklanjuti tawaran Rektor dan keinginan bersama untuk memajukan sumberdaya manusia bangsa agar supaya bisa bersaing dengan bangsa lain.

Selain agenda Workshop Universitas Islam Malang juga juga melibatkan Fakultas Kedokteran dengan melakukan sosialisasi dan  memberikan penyuluhan pentingnya kesehatan bagi siswa. 

Dalam kegiatan ini sebagai narasumbernya adalah oleh dr.  Arif Yahya dan dr. Zainul Fadli dengan materi kesehatan lingkungan, kesehatan  reproduksi dan pencegahan penyebaran virus HIV AIDS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES