Kesehatan

Cegah Bayi Lahir Cacat dengan Cara Ini

Senin, 13 Maret 2017 - 02:05 | 143.62k
Ilustrasi. (Foto: alodokter.com)
Ilustrasi. (Foto: alodokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ibu hamil dapat mencegah bayi lahir cacat atau mengalami kelainan bawaan dengan pola hidup yang sehat. Kementerian Kesehatan mengimbau ibu hamil menghindari makanan yang mengandung zat yang tidak direkomendasikan seperti pengawet dan pewarna buatan, terpapar dari bahan berbahaya dan beracun seperti timbal, merkuri dan pestisida.

"Walaupun penyebab utama kelainan kongenital (bawaan) adalah faktor genetik, infeksi dan faktor lingkungan, sebenarnya banyak dari kelainan tersebut dapat dicegah, misalnya melalui vaksinasi dan konsumsi zat tertentu, seperti asam folat dan iodium," kata Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Eni Gustina dilansir dari Antara, Jumat (4/3/2016).

Aktivitas fisik dengan berolahraga teratur serta menghindari asap rokok selama kehamilan juga menunjang bayi dapat lahir sehat tanpa ada kelainan bawaan. Eni menambahkan jika bayi lahir dengan kelainan bawaan maka harus mendapat perhatian khusus. Kelainan bawaan menyumbang cukup besar kematian pada bayi baru lahir.

"Di samping menyebabkan kematian neonatal, kelainan bawaan juga merupakan penyebab bayi lahir mati dan abortus spontan. Bila pun bayi bertahan hidup, banyak diantaranya yang menjadi penyandang disabilitas dan mengidap penyakit kronis," jelas Eni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES