Wisata

Warga Ramai-Ramai Buka Warung di Pantai Syariah

Minggu, 12 Maret 2017 - 19:17 | 31.35k
Warung Kopi Syari’ah milik Surahmono di Pantai Syariah yang ada di Pulau Santen. (foto: Ahmads/TIMES Indonesia)
Warung Kopi Syari’ah milik Surahmono di Pantai Syariah yang ada di Pulau Santen. (foto: Ahmads/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peluncuran Pantai Syariah di area Pulau Santen telah memperlihatkan efek positif terhadap masyarakat setempat. Belasan warga kini membuka warung dan berjualan berbagai makanan dan minuman kepada wisatawan yang datang.

Surahmono yang telah 16 tahun membuka warung kopi di Pulau Santen, Banyuwangi, Jawa Timur juga merasakan peningkatan jumlah pelanggan.

Surahmono yang kini menempati warung sementara karena proses penataan, tak sabar untuk segera mendapatkan warung permanen. Ia berencana memberi nama warungnya Warung Kopi Syariah.

“Kalau dulu saya satu-satunya yang buka warung di sini. Saat itu yang datang ke warung saya per hari rata-rata 100 orang. Sekarang lebih dari 200 orang, bahkan kalau hari Minggu lebih banyak lagi” kata Surahmo yang enggan menjelaskan jumlah pendapatannya, Minggu (12/3/2017).

Kini beberapa warga mengikutinya membuka warung yang berjualan jagung bakar, jagung rebus, bakso, rujak, nasi, makanan ringan dan minuman.

Surahmono berharap pembangunan lokasi wisata bertahap yang dilakukan Pemerintah Banyuwangi akan terus mendatangkan wisatawan ke Pulau Santen.

Slamet Efendi, Ketua RT 4, RW II di Pulau Santen mengatakan memang banyak warganya telah menikmati hasil dari meningkatnya kunjungan wisatawan ke tempat itu. Menurutnya menjadi tantangan selanjutnya bagaimana pariwisata Pantai Syariah terus dikembangkan sehingga mampu mempertahankan dan meningkatkan kunjungan.

“Kalau sekarang kan masih baru banyak yang berkunjung karena penasaran. Kami harap ini berlanjut dan awet,” kata Slamet.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES