Ekonomi

HIMKI Jadikan Mei Bulan Mebel Indonesia

Sabtu, 11 Maret 2017 - 23:39 | 142.50k
Ilustrasi: Pameran Mebel. (foto: pontianak post)
Ilustrasi: Pameran Mebel. (foto: pontianak post)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Soenoto mengatakan, organisasi yang dipimpinnya akan menjadikan bulan Mei sebagai Bulan Mebel Indonesia. Hal itu disampaikannya di hadapan Presiden Joko Widodo di arena Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2017, di Ruang Semeru, Gedung Pusat Niaga, JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (11/3/2017).

“Pada Mei mendatang kami akan mendeklarasikan Mei sebagai bulan Mebel Indonesia. Untuk itu, kami mengajak seluruh instansi pemerintah agar memberikan contoh untuk mengkonsumsi produk buatan Indonesia,’’ ucapnya.

Ditambahkan, industri atau produk mebel adalah kebutuhan primer yang universal dan dikonsumsi oleh semua pihak. Saat ini banyak pengusaha maupun pengrajin industri mebel, seperti di Bali, yang mendesain furnitur dari sampah-sampah laut, kemudian ditambah top table. Hasilnya diekspor dan menjadi devisa.

Karena itu, Soenoto meminta dengan sangat agar HIMKI bisa diberi akses untuk bisa berhubungan dengan seluruh kementerian. Di HIMKI mayoritas (anggotanya) adalah masyarakat UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Oleh karena itu, di sana adalah sebuah sektor ekonomi yang sangat kuat dan liat yang merupakan bantalan ekonomi kita, yang tangguh, dan sudah selayaknya mendapatkan support yang sebesar-besarnya dari pemerintah.

“Tadi di lift saya sampaikan kepada Bapak Presiden, itu furnitur kita mulai dari kelas A sampai Z itu ada semua, dibandingkan dengan produk-produk impor itu tidak kalah,” ungkap Soenoto seraya menambahkan, bahwa setiap transaksi 1 miliar dolar AS dapat menghidup 2 juta nyawa penduduk Indonesia.

IFEX 2017 merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya dan akan digelar selama 4 (empat) hari hingga tanggal 14 Maret. Pameran ini diikuti oleh 429 peserta dan akan dihadiri 6 ribu pembeli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES