Ekonomi

Lewat Rumah Kreatif, BUMN Bersinergi Aktif Membina UMKM

Sabtu, 11 Maret 2017 - 14:11 | 33.14k
Menteri BUMN, Rini Soemarno (Foto: liputan6)
Menteri BUMN, Rini Soemarno (Foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri BUMN, Rini Soemarno menyatakan jika Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia masih memerlukan bimbingan dan pendampingan. Untuk itulah, pemerintah melalui BUMN terus bersinergi aktif membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB).

"UMKM membutuhkan akses ke pasar yang lebih luas melalui pameran dan digitalisasi bisnis, penjualan online, serta dukungan permodalan," ujar Rini.

Menurutnya, dengan pembangunan RKB di seluruh kota/kabupaten di Indonesia maka akan tercipta solusi dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi UMKM, terutama dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, pemanfaatan teknologi dan manajemen.

Hingga akhir 2016, BUMN sudah membangun 100 RKB. Selanjutnya 514 RKB akan hadir di kota/kabupaten seluruh Indonesia dengan target selesai dibangun hingga akhir 2017.

Rini meyakini meyakini jika kerjasama simultan dan seimbang antara BUMN dengan mitra binaannya akan membuka ruang ekonomi yang lebih besar bagi pelaku UMKM daerah dalam rangka pengembangan industri kreatif nusantara.

Rini menambahkan jika salah satu sinergi tersebut adalah melalui Pameran Telkom Craft Indonesia. Even yang merupakan bagian dari program RKB tersebut bertujuan membina pelaku UMKM agar memperoleh access to competence, commerce dan capital.

"Pameran ini diharapkan menjadi wadah bagi para perajin UMKM lokal untuk menciptakan karya konkrit dari sebuah kerajinan serta mengembangkan bisnisnya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di ASEAN, bahkan di kancah global," tegas Rini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES