Ekonomi

BUMN Siap Serap Divestasi Saham Freeport

Sabtu, 11 Maret 2017 - 13:18 | 69.91k
Menteri BUMN, Rini Soemarno (Foto: liputan6)
Menteri BUMN, Rini Soemarno (Foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri BUMN, Rini Soemarno meyakini pemerintah, melalui perusahaan milik negara, bakal mampu menyerap divestasi saham PT Freeport Indonesia hingga sebesar 51 persen.

"Jika memang BUMN ditugasi untuk mengambilalih saham divestasi Freeport, ya kita siap. Tinggal tunggu, valuasinya saja masih proses," ujarnya.

Meski demikian, Rini menyebut jika sebelum divestasi saham dilakukan, Pemerintah dan Freeport harus terlebih dahulu menyelesaikan masalah terkait kontrak antar kedua pihak.

"Proses divestasi secara teknis ada di Kementerian ESDM. Jika secara hukum sudah selesai maka BUMN siap melakukan mengeksekusi pembelian saham Freeport hingga 51 persen," tegasnya.

Menurutnya., kesiapan BUMN untuk masuk ke Freeport bisa dilakukan melalui holding BUMN Pertambangan yang diharapkan selesai pada 2017 ini.

"Dengan holding pertambangan, Inalum bakal mendapat sokongan dari tiga BUMN lainnya (Bukit Asam, Aneka Tambang dan Timah). Ya, kita tunggu saja, sabar sedang proses," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES