Kesehatan

Miss V Juga Butuh Prebiotik dan Probiotik

Sabtu, 11 Maret 2017 - 02:14 | 67.89k
ILUSTRASI - Miss V membutuhkan Prebiotik dan Probiotik (Foto: FahBench)
ILUSTRASI - Miss V membutuhkan Prebiotik dan Probiotik (Foto: FahBench)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi kaum hawa penting menjaga kesehatan Miss V . Selama ini menjaga kesehatan Miss V sebatas menjaga kebersihannya saja. Padahal lebih dari itu.

Makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik juga dapat menjaga kesehatan area genital wanita.

Dikutip dari Self, beberapa jenis makanan mulai dari buah hingga kacang-kacangan disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Dua diantaranya adalah makanan prebiotik dan probiotik. Apa itu?

Probiotik adalah mikroorganisme yang menjaga kesehatan pencernaan. Biasanya berbentuk bakteri baik, ragi atau fungi. Sementara prebiotik merupakan makanan atau suplemen bagi perkembangan mikroorganisme tersebut.

Makan probiotik saja tidak cukup. Agar fungsi bakteri baik lebih maksimal maka perlu dikombinasikan keduanya dalam pola makan harian. 

Seperti halnya sistem pencernaan, vagina wanita juga memerlukan bakteri baik untuk mencegah dan melawan infeksi, serta menjaga keseimbangan pH.

Bakteri di dalam perut juga berpengaruh terhadap bakteri pada vagina. Untuk meningkatkan kesehatan perut sekaligus area genital, disarankan untuk mengonsumsi makanan prebiotik seperti bawang putih, bawang bombay dan daun bawang. 

Sementara pribiotik atau bakteri baik bisa ditingkatkan dengan menyantap yoghurt, kimchi, acar, tempe dan teh kombucha (jamur hasil fermentasi larutan teh dan gula memakai mikroba kombucha). 

Penelitian terbaru mengungkapkan mengonsumsi makanan mengandung probiotik telah terbukti membantu wanita dengan penyakit vaginitis kronis (peradangan pada vagina yang ditandai rasa gatal serta terbakar) mengatasi rasa tidak nyaman yang bisa memicu sakit ketika berhubungan seks.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES