Kuliner

Buah Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

Sabtu, 11 Maret 2017 - 04:21 | 461.77k
ILUSTRASI - Buah Langka dari Indonesia (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Buah Langka dari Indonesia (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai daerah tropis, Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Termasuk jenis buah-buahan. Ada beragam jenis buah yang tumbuh di Indonesia.

Bahkan ada beberapa buah yang hanya ada di Indonesia. Sayangnya buah tersebut hampir punah, sebab sudah sangat jarang dijumpai di pasaran.

Tim litbang TIMES Indonesia telah merangkum buah-buahan asli Indonesia yang hampir punah 

1. Buah Manau

Buah ini berasal dari tanaman rotan. Bentuk buahnya mirip salak dengan sisik-sisik dan warnanya pun mirip. Bedanya sisik yang yang terdapat di buah ini lebih besar dibanding salak. 

Buah-ManauC3Za.jpgFoto: masirul.com

Rasa buah ini asam-manis. Akan nikmat bila dijadikan asinan. Buah Manau banyak terdapat di pulau Bangka, Belitung dan Sumatera serta Kalimantan. 

Dalam satu pohon saja kalau dipetik bisa menghasilkan buah setengah karung. Buah Manau biasa dijual di pasar tradisional yang ada di pulau-pulau atau daerah-daerah tersebut.

2. Buah Keledang

Buah ini hanya ada di Kalimantan. Sayang di Kalimantan sendiri buah ini juga dinyatakan sudah langka. Buah keledang langka seiring berkurangnya hutan-hutan alami di Kalimantan. 

Buah Keledang mirip dengan buah Nangka namun memiliki bentuk isi yang berbeda. Jika dilihat sekilas maka akan mirip sekali dengan Nangka karena memang termasuk famili yang sama. 

Buah-KeledangdSUI8.jpgFoto: Khasiat.com

Rasanya seperti campuran rasa Nangka dan rasa Manggis. Buah ini banyak tumbuh di hutan Kalimantan berbuah sekitar Desember.

3. Buah Maritam

Buah-MaritamHWEgq.jpgFoto: Yayy's Blog

Buah ini sama bentuknya seperti rambutan namun jika rambutan memiliki rambut, buah Maritam tidak memiliki rambut. Rasanya juga tidak jauh beda dengan rambutan malah cenderung sama.

4. Buah Kepayang

Buah-KepayangjbvO.jpg

Buah Kepayang ini dalamnya mirip dengan alpukat ketika dibuka. Dinamakan buah kepayang karena bila memakannya tidak akan bisa berhenti makan karena sangat enak.

Apakah Anda pernah mencicip salah satunya? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES