Ekonomi

ADD Probolinggo Segera Dicairkan, Ini Besarannya

Kamis, 09 Maret 2017 - 13:21 | 22.62k
ILUSTRASI: Dana desa. (Foto: RiauSky)
ILUSTRASI: Dana desa. (Foto: RiauSky)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur tahap pertama tahun 2017 sebesar Rp 33 miliar, segera dicairkan. Dana tersebut akan ditransfer ke rekening 325 desa se-kabupaten.

Terkait dengan hal itu, Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, meminta para camat melakukan pembinaan dan pengawasan terkait proses pencairan, pengelolaan dan pertanggungjawaban atas dana tersebut. 

“Mengingat besaran anggaran yang diterima cukup besar, sehingga butuh kontrol dan pengawasan yang baik. Jangan sampai muncul permasalahan-permasalan terkait penyalahgunaan anggaran ADD,” ujarnya, Kamis (9/3/2017).

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Heri Sulistyanto mengharapkan agar pemerintah desa mempersiapkan secara matang atas pengelolaan ADD ini. 

“Pertanggungjawaban keuangan yang cair nantinya harus dimanfaatkan secara maksimal. Termasuk dokumen-dokumen apa saja yang perlu disiapkan, sehingga dana yang diserap betul untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Heri juga meminta camat memberikan pengawasan ekstra, utamanya dalam penarikan dana di rekening. Pencairan anggaran nantinya harus melalui surat permohonan dari camat kepada Bank Jatim. 

“Atas fungsi ini saya mengharapkan agar camat tidak langsung memberikan rekomendasi untuk pencairan seluruh anggaran yang masuk direkening, namun disesuaikan dengan kebutuhan yang paling mendesak terlebih dahulu,” pintanya.

Langkah ini, jelas Heri agar pemerintahan desa tidak kesulitan dalam pembuatan surat pertanggung jawaban (SPJ). “Kalau menariknya sedikit-sedikit, akhirnya akan mudah membuat SPJ-nya,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES