Kesehatan

Demam Tinggi, Atasi dengan Air Kelapa 

Kamis, 09 Maret 2017 - 01:12 | 2.65m
ILUSTRASI - Demam Tinggi (Foto: republika)
ILUSTRASI - Demam Tinggi (Foto: republika)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa tak kenal khasiat air kelapa? Air kelapa (Cocos nucifera) memiliki ragam manfaat untuk kesehatan juga kecantikan. 

Air kelapa mengandung beragam mineral yang baik untuk tubuh. Bahkan air kelapa disebut-sebut sebagai cairan terbaik ke dua setelah asi (air susu ibu). Sebab air kelapa muda mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang sama dengan air susu ibu.

Selama ini, pada umumnya air kelapa digunakan sebagai obat pada seseorang yang keracunan. Mengobati cacingan, mengatasi beragam masalah pencernaan, hingga dipercaya mampu memecah batu ginjal. 

Orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya mengkonsumsi air kelapa muda selain resep dari dokter. Air kelapa akan melunakkan kerak atau lendir yang terbentuk dalam ginjal. 
 
Namun ternyata ada manfaat air kelapa yang tak diketahui oleh banyak orang. Dikutip dari www.besthealthmag.ca, air kelapa ternyata juga ampuh mengatasi demam tinggi.

Air kelapa merupakan minuman dengan tonik yang sangat baik bagi kesehatan.

Tonik atau tonikum adalah zat yang digunakan untuk mengembalikan kondisi normal jaringan atau untuk merangsang nafsu makan.

Tubuh harus terhidrasi dengan baik, apalagi bila kita sedang demam atau sakit. Saat sedang demam, tubuh akan banyak kehilangan cairan tubuh, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Jean-Jacques Dugoua, ND., ahli obat-obatan dan pengobatan herbal dari newtopia.com.

Agar cairan dalam tubuh seimbang, dibutuhkan elektrolit yang juga membantu menyeimbangkan cairan dalam darah.

“Air kelapa adalah sumber elektrolit alami terbaik,” jelas Dr. Dugoua.

Air kelapa hijau memilik lebih banyak kandungan tanin atau antidotum (antiracun) yang paling tinggi dibanding jenis kelapa lainnya. Pada air kelapa juga terdapat enzim yang bermanfaat untuk mengurai racun.

Minum air kelapa sehari-hari juga baik, karena bisa membantu tubuh terhidrasi dengan baik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES