Tekno

Aplikasi Al-Quran Kemenag Kini Rilis di iOS

Rabu, 08 Maret 2017 - 09:22 | 29.52k
Ilustrasi Al-Quran digital
Ilustrasi Al-Quran digital

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah merilis aplikasi Al-Quran Kemenag bagi pengguna Android dan situs online, Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Balitbang Kemenag merilis aplikasi yang sama untuk platform iOS.

Pgs Kepala Lajnah LPMQ Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Muchlis M Hanafi menyatakan jika Al-Qur'an digital untuk pengguna gawai berbasis iOS ini sudah bisa diunduh di AppStore.

User interface maupun user experience pada aplikasi ini sudah disesuaikan dengan standar aplikasi pada iOS. Rilis ini diharapkan akan memperluas varian akses masyarakat saat membaca Al-Quran melalui smartphone atau layar monitor.

Menurut Muchlis, pada aplikasi ini ada beberapa fasilitas di antaranya teks Al-Quran, terjemah, tafsir, murottal, penanda baca terakhir, juga share teks Al-Quran, terjemah dan tafsir. Pada aplikasi ini, murattal yang disertakan adalah dari Syekh Mahmud Khalil al-Hushary.

Tulisan yang digunakan dalam aplikasi ini bersumber dari Mushaf Attin yang sudah disesuaikan dengan Mushaf Al-Quran Standar Indonesia, yakni mushaf yang dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca dan tanda waqafnya.

"(Pembakuan ini) sesuai dengan hasil yang dicapai Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Al-Quran yang berlangsung sebanyak 9 kali dari tahun 1974-1983, dan dijadikan pedoman bagi mushaf Al-Qur'an yang dicetak dan diterbitkan di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama," jelas Muchlis.

Muchlis menambahkan jika pihaknya menyadari masih banyak kekurangan dalam aplikasi berbasis iOS ini. Namun, sesuai pengalaman pada versi Android, LPMQ tetap membuka diri untuk menampung masukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES