Kesehatan

Jalan Kaki, Olahraga Murah dengan Manfaat Berlimpah

Senin, 06 Maret 2017 - 07:15 | 284.86k
ILUSTRASI: Jalan kaki (Foto: Informasi Kesehatan)
ILUSTRASI: Jalan kaki (Foto: Informasi Kesehatan)

TIMESINDONESIA, JAKARTATIMESINDONESIA, JAKARTA – Jalan kaki adalah olahraga yang paling murah, mudah dan aman. Kendatipun murah dan mudah namun manfaat jalan kaki ternyata sangat signifikan. Selain itu memang jalan kaki adalah olah raga keakraban. Bagaimana tidak biasanya olah raga ini dilakukan serentak dengan anggota keluarga. Menyenangkan bukan?. 

Selain menyenangkan, jalan kaki juga baik dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.
Berikut ini adalah delapan manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh kita:

1. Menurunkan berat badan
Jalan kaki merupakan cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu untuk melakukannya, atau kalau mau tidak menggunakan alas kaki juga lebih menyehatkan. Berjalan akan membakar kalori dan semua otot pada tubuh Anda ikut bekerja.

2. Mencegah serangan jantung
Otot jantung membutuhkan aliran darah yang deras ke jantung untuk membuat jantung berfungsi normal memompa darah ke seluruh tubuh. Berjalan kaki dapat mengencangkan aliran darah yang masuk ke dalam jantung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Berjalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Karena kekebalan tubuh Anda terjaga dengan baik.

4. Mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kolon
Wanita yang berjalan secara rutin 65 menit hinga 135 menit per minggu bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kolon hingga 18 persen dibandingkan wanita yang tidak aktif.

5. Meningkatkan kebugaran tubuh
Jalan kaki 3 kali per minggu selama 30 menit dapat meningkatkan kebugaran dan sistem pernapasan secara signifikan.

6. Membantu mengurangi stres
Selama berjalan, rasa kekhawatiran Anda tentang kehidupan sehari-hari akan berkurang, karena otak melepaskan endorfin. Selain itu berjalan juga membuat Anda tenang dan melepaskan ketegangan pikiran. Berjalanlah di pagi hari sambil menghirup udara segar agar pikiran Anda kembali jernih.

7. Baik untuk otak
Dalam studi tentang jalan kaki ditemukan bahwa wanita yang berjalan selama 1,5 jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik daripada mereka yang hanya berjalan 40 menit per minggu.

8. Mencegah osteoporosis
Selain mengokohkan otot-otot badan, gerak badan dan jalan kaki cepat juga menguatkan tulang belulang. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi.

Untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis tidak cukup dengan ekstrak kalsium dan vitamin D saja. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES