Kesehatan

Bersihkan Telinga Sebabkan Gendang Telinga Rusak

Sabtu, 04 Maret 2017 - 09:22 | 52.25k
ILUSTRASI: Bersihkan Telinga. (Foto: tribun)
ILUSTRASI: Bersihkan Telinga. (Foto: tribun)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Telinga terasa basah dan gatal dibersihkan menggunakan cottonbud menjadi solusinya. Ternyata itu langkah gang tidak tepat. Mengorek telinga ternyata dapat memicu terjadinya penyumbatan telinga. 

Sebab kotoran semakin terdorong ke dalam, bahkan dapat menyebabkan robeknya gendang telinga.

Spesialis THT dr Soekirman Soekin SpTHTKL menjelaskan, telinga memiliki bagian serumen yang berfungsi untuk melindungi telinga dari benda asing. Tanpa harus dibersihkan, organ pendengaran itu selalu bersih.

"Dalam serumen ada bahan atau zat yang dapat melawan bakteri. Serumen mengandung minyak yang dapat menangkal debu atau jika ada serangga masuk," terang dr Soekirman saat ditemui di kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Kata dr Soekirman, tak harus dikorek saat membersihkannya. Apalagi pada bayi dan anak-anak yang memiliki lubang telinga kecil.

"Saat mengunyah dengan rahang dan menguap sebenarnya kotoran telinga itu bisa hilang sendiri. Gak perlu dikorek-korek pakai cotton bud, apalagi kalau pada anak dengan lubangnya telinga kecil," tambahnya.

Efeknya, gendang telinga bisa pecah karena memasukkan cotton bud terlalu dalam. Kualitas pendengaran anak jadi menurun, sehingga banyak gangguan psikis yang dialami.

"Tandanya kalau anak kualitas pendengarannya menurun, saat diajak ngobrol selalu minta diulang. Anak yang sering bilang 'Apa ma?' 'Apa pa?' itu bisa saja karena pendengarannya mengalami gangguan," paparnya.

Mengorek telinga juga bisa menurunkan kualitas pendengaran sekira 30 persen. Diimbau pula, setiap enam bulan sekali harus cek kesehatan pendengaran ke dokter THT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES