Peristiwa Daerah

BERITA FOTO: Penambangan Pasir di Bondowoso Mengancam Lingkungan

Jumat, 03 Maret 2017 - 20:02 | 189.36k
Lokasi penambangan pasir di Desa Pandak, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur  (Foto-Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)
Lokasi penambangan pasir di Desa Pandak, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Foto-Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keberadaan penambangan pasir di Desa Pandak, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengancam kelestarian alam dan kerusakan lingkungan.  Keberadaan penambang menjadi atensi bagi Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Jumat (3/3/2017), Asisten II Pemkab Boondowoso, Moh Erfan, melakukan kunjungan lapangan dengan tim lengkap memantau lokasi tambang. Saat melakukan kunjungan, ditemukan bahwa proses penambangan sudah masuk kategori eksploitasi yang mengancam lingkungan sekitar.

Penambangan-PAsir-Bondowoso-DnXFZJ.jpg

"Saya mendapat banyak laporan perihal aktivitas pertambangan yang kini berdampak buruk bagi ekosistem sungai dan ditengarai merusak konstruksi jembatan yang berada disebelah wilayah tambang,” jelas Efran.

Menurutnya, adanya mesin pengeruk pasir dinilai akan berdampak buruk pada masyarakat yang di bantaran sungai. Sungai akan terus melebar akibat beberapa areal yang tergerus dengan adanya mesin penyedot pasir.

Penambangan-PAsir-Bondowoso-BbDo4W.jpg

"Pembangunan harus berwawasan lingkungan, jika aktivitas pertambangan ini banyak mudhorotnya ya harus dihentikan. Jika terus dilakukan, berapa KK (Kepala Keluarga) ini yang akan terdampak," tegas Erfan.

Dalam kunjungan tersebut, Erfan membawa tim lengkap diantaranya Kadis PUPR Kabupaten Bondowoso, H Karna Suswandi beserta staf, Kabag Perekonomian, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan dan Perizinan Terpadu.(*)

Penambangan-PAsir-Bondowoso-Cc1mIq.jpg

Penambangan-PAsir-Bondowoso-EtQ89T.jpg

Penambangan-PAsir-Bondowoso-AX1tT8.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES