Gaya Hidup

Berat Badan Terus Naik Usai Melahirkan? Ini Penyebabnya

Jumat, 03 Maret 2017 - 06:15 | 53.47k
ILUSTRASI: Ibu Hamil. (Foto: info)
ILUSTRASI: Ibu Hamil. (Foto: info)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berat badan naik usai melahirkan sering dialami kebanyakan wanita. Hal ini ternyata disebabkan oleh sebuah kesalahan gaya hidup pasca melahirkan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan University of Michigan, AS, berat badan ibu terus naik karena kebiasaan memakan makanan dari piring anak, atau kebiasaan duduk yang lebih lama.

Selain itu, kurangnya waktu tidur pada ibu baru menyebabkan keinginan mengudap makanan yang semakin kuat. Bahkan meski memilih makanan yang sehat, hal ini tetap akan menyebabkan kenaikan berat badan.

"Ibu biasanya selalu mendahulukan kebutuhan anak mereka, jadi mereka jarang mengambil waktu untuk berolahraga atau mengurus diri sendiri," kata Olga Yakusheva, profesor asosiat di University of Michigan, AS, yang dilansir dari Health Site.

Lebih lanjut, penelitian ini tidak memungkiri bahwa semua wanita biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sehubungan usia. Bahkan ada perbedaan nyata antara mereka yang sudah melahirkan dan yang belum.

Ketika anak-anak mereka mencapai usia balita, para ibu biasanya sudah bertambah berat badannya sekitar satu kilo per tahun, dibanding mereka yang tidak memiliki anak.

Oleh karena itu, untuk ibu baru ingin menurunkan berat badan, mereka disarankan sebaiknya memangkas kalori dan berolahraga lebih banyak.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES