Pendidikan

Ini Pesan Pangdam V Brawijaya kepada Taruna STPP Malang

Rabu, 01 Maret 2017 - 23:41 | 76.16k
Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana saat memberikan kuliah tamu di kampus STPP Malang, Rabu (1/3/2017). (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)
Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana saat memberikan kuliah tamu di kampus STPP Malang, Rabu (1/3/2017). (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Panglima Kodam V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana mengaku salut kepada para taruna Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang yang memilih menjadi penyuluh.

"Masa depan kalian luar biasa, asalkan kalian konsisten," kata Mayjen I Made  Sukadana di hadapan 320 mahasiswa STPP Malang, Rabu (1/3/2017) di Sasana Giri Sabha.

Keberadaan generasi muda calon penyuluh pertanian ini diperlukan dalam pembangunan Indonesia. 

Pada era Presiden Joko Widodo, kata dia, pemerintah bersama TNI berupaya mewujudkan swasembada pangan.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/03/01/pangdam1t8RpK.jpgPangdam V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana saat memberikan kuliah tamu di kampus STPP Malang, Rabu (1/3/2017). (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)

Bahkan, tahun ini, lanjutnya, Indonesia telah swasembada padi dan sudah mengekspornya ke Srilanka.

Di sini lain, kondisi yang terjadi, para petani mulai enggan menamam karena harga turun saat produksi melimpah. Di samping itu, perubahan iklim turut mempengaruhi produksi pertanian 

Untuk itu, pria kelahiran Denpasar Bali ini memandang keberadaan Taruna STPP Malang penting selama memiliki komitmen kuat untuk turut berperan dalam pembangunan nasional.

Dia berpesan kepada 320 taruna STPP Malang yang akan melakukan praktik kerja lapang (PKL) bersinergi dengan program Upaya Khusus (Upsus) 
dari Kementerian Pertanian.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/03/01/pangdam-2GbUCa.jpgPangdam V Brawijaya, Mayjen TNI I Made Sukadana menyerahkan cindera mata kepada Ketua STPP Malang, Siti Munifah. (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)

"Para taruna akan turun bersama Babinsa TNI. Semua pengetahuan yang didapat di kampus, saatnya diaplikasikan di lapang," ucapnya.

Sebanyak 320 mahasiswa ini akan mengikuti program mobilisasi dalam mendukung Upsus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (pajale) serta sapi di provinsi Jawa Timur. 

Kegiatan positif ini, sebagai wahana untuk memberikan gambaran langsung kepada para taruna STPP Malang tentang kondisi nyata lapangan. Disamping juga memberi solusi mengenai cara efektif meningkatkan produksi pajale dan sapi.

Diharapkan, kehadiran para tenaga pendamping dalam kegiatan Upsus ini benar-benar memberi nilai tambah dalam menyikapi setiap kendala dan permasalahan yang dihadapi.

"Kalian adalah agen perubahan, harus berani ambil langkah untuk kemajuan bangsa," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES