Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Jelang Ujian, Siswa SMP Simulasi UNBK

Selasa, 28 Februari 2017 - 18:05 | 114.80k
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama sedang mengerjakan soal Bahasa Inggris pada Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari kedua di Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah, 28/02/2017). (foto:iswanto)
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama sedang mengerjakan soal Bahasa Inggris pada Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari kedua di Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah, 28/02/2017). (foto:iswanto)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 561 siswa SMP melakukan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah. 

Simulasi UNBK SMP bertujuan untuk memberikan pelatihan secara teknis kepada peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Yaitu pelatihan penggunaan komputer, login, memasukan token, teknis mengerjakan soal, dan mengakhiri ujian (logout)

Serta pelatihan administrasi ujian kepada proktor meliputi cara memulai tes, mengupload hasil tes, mencetak laporan, daftar hadir, berita acara untuk di upload.

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengikuti simulasi berasal dari 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP), di antaranya SMP N 2 Bobotsari, SMP N 3 Bobotsari, SMP N 4 Bobotsari, SMP Muhammadiyah 2 Purbalingga di Bobotsari dan SMP Muhammadiyah 10 Purbalingga di Tamansari. 

Simulasi UNBK menggunakan 7 Sever, 6 Lab Komputer yaitu Lab KKPI1, Lab TKJ, Lab Akuntansi, Lab KKPI 2, Lab TKJ2 dan Lab Administrasi Perkantoran.

Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMP terbagi dalam 3 sesi waktu, di laksanakan selama dua hari yaitu hari Senin, 27 Februari 2017, dan hari Selasa, 28 Februari 2017. 

Mata Pelajaran yang di simulasikan adalah Matematika dan Bahasa Inggris. Hari pertama simulasi mata pelajaran yang di ujikan Matematika, sedangkan hari kedua mata pelajaran yang di ujikan adalah Bahasa Inggris.

Saat Pelaksanaan berlangsung masing masing lab komputer menampung 36 siswa dengan di pandu oleh proktor pada lab tersebut.

Fuad Hasan, S.Pd salah satu proktor di Lab KKPI1 mengungkapkan pada simulasi yang dilaksanakan dua hari ini selain untuk latihan secara teknis, simulasi juga bisa di gunakan untuk latihan penyesuaian dengan alat komputer yang di pakai untuk ujian. 

“Saya merasa senang dengan mengikuti Simulasi UNBK, Saya menjadi paham bagaimana cara menggunakan komputer untuk ujian yaitu latihan cara masuk halaman soal, cara menjawab soal, serta cara mengakhiri ujian” Terang Elisa siswa SMP N 3 Bobotsari seusai mengerjakan Simulasi UNBK, Selasa (28/2/2017)

Sementara Sugeng Riadi, S.Si Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Muhammadiyah Bobotsari selaku Ketua Tim ujian SMP memberikan ucapan terima kasih kepada Sekolah SMP yang telah mempercayakan ujian simulasinya di laksanakan di SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah. 

Semoga apa yang sudah di lakukan selama dua hari ini bermanfaat baik untuk siswa ataupun pihak sekolah SMP.

“Saya mewakili sekolah penyelenggara simulasi mendoakan agar semua siswa yang telah melakukan latihan simulasi ujian, nantinya dalam pelaksanaan Ujian Nasional Basis Komputer pada bulan mei mendatang di beri kemudahan dan kelancaran,” tutup Sugeng Riadi. (*)   

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES