Kesehatan

Cukupi Nutrisi Anak dengan Buah dan Sayur Ini

Selasa, 28 Februari 2017 - 02:11 | 60.36k
ILUSTRASI - Nutrisi untuk anak (Foto: addvantageusa.com)
ILUSTRASI - Nutrisi untuk anak (Foto: addvantageusa.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak-anak memerlukan nutrisi yang cukup untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhannya. Nutrisi ini tentu berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, orang tua harus pintar-pintar memilih makanan yang akan dikonsumsi anak.

Orang tua, sebelum memberikan makanan kepada anaknya sebaiknya mengetahui kandunngan gizi dan nutrisi alam makanan tersebut. Ini karena tidak semua bahan makanan memiliki cukup nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Dilansir dari laman parent.com, Selasa (21/6/2016), penulis buku Annabel Karmel, dalam bukunya "Superfoods for Babies and Children" memberikan daftar buah dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk anak usia 1 hingga 2 tahun.

1. Jeruk dan buah berry
Kedua jenis buah ini sangat baik diberikan kepada anak. Jeruk dan buah berry merupakan sumber vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi dari makanan lain. Jadi cobalah untuk memberikan beberapa vitamin C yang kaya buah-buahan setiap kali makan.

2. Raspberry
Buah yang juga termasuk dalam keluarga berry ini memiliki manfaat yang lebih spesifik. Raspberry mengandung asam ellagic yang dapat membantu melindungi kita terhadap kanker.

3. Blackberry
Buah yang termasuk dalam keluarga berry lain yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya anak-anak adalah Blackberry. Buah ini mengandung lebih banyak vitamin E dibandingkan buah lainnya. Vitamin E ini sangat penting untuk perlindungan jantung dan arteri.

4. Tomat
Tomat merupakan sumber dari lycopene, pigmen antioksidan yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam tomat dapat diserap lebih efisien oleh tubuh jika tomat telah dimasak dengan sedikit minyak.

5. Wortel
Sudah bukan rahasia lagi jika wortel merupakan sayuran yang memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Anak-anak yang dibiasakan mengkonsumsi wortel sejak dini akan memiliki mata yang lebih sehat. Wortel merupakan sumber beta karoten yang sangat baik. Beta karoten ini diubah dalam tubuh menjadi vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan mata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES