Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

SMPN 2 Kraton Persiapkaan Mental Siswa Hadapi UN CBT

Senin, 27 Februari 2017 - 23:34 | 95.74k
Suasana simulasi UN CBT di SMPN 2 Kraton Pasuruan (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
Suasana simulasi UN CBT di SMPN 2 Kraton Pasuruan (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Simulasi Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) secara nasional serentak dilaksanakan hari ini tadi, Senin (27/2/2017) Pagi. 

Simulasi ini bagi sekolah yang menggunakan sistem computer based test, termasuk SMPN 2 Kraton Pasuruan.

Berkat keyakinan dan kerja keras tim IT sekolah (Tim Teknis dan Proktor) serta bantuan semua warga sekolah dapat menyelenggarakan UN CBT secara mandiri di sekolah. Dengan cara menggunakan laptop siswa untuk simulasi UN CBT. 

Pada simulasi ini dibutuhkan sekitar 70 laptop yang terbagi menjadi 2 lab. Sesuai dengan jumlah peserta UN kelas 9 sebanyak 207 siswa dan dibagi menjadi 3 sesi. 

Setiap sesi siswa diajak berdoa agar mendapatkan kemudahan dan kelancaran. 

Sekolah memiliki kiat agar siswa siap secara psikologis, antara lain selalu memberi motivasi, membangun keyakinan, dan melaksanakan tryout terprogram antara 1sampai 4 kali agar siswa terbiasa.

Selain itu meningkatkan kemampuan penguasaan materi UN melalui bimbingan belajar intensif, secara spiritual melaksanakan doa bersama. 

Harapannya dengan simulasi UN CBT siswa memiliki pengalaman langsung mengikuti ujian berbasis komputer dan melatih kemandirian siswa dalam mengerjakan soal. 

Bagi sekolah memperoleh pengalaman langsung sebagai penyelenggara UN CBT dan mengevaluasi diri berkaitan kekurangan serta kendala yang ada sehingga perlu antisipasi kedepannya. 

Ini merupakan tantangan karena banyak persoalan yang dihadapi berkaitan tiga hal hardware (sarana prasarana), shoftware (program dan pembiayaan) dan brainware (sumberdaya manusianya) berkat keyakinan dan semangat bersama kita bisa.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES