Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Manfaatkan Skype untuk Kemahiran Berbahasa Inggris

Senin, 27 Februari 2017 - 14:09 | 83.90k
Tanyajawab dengan guru California via Skype
Tanyajawab dengan guru California via Skype
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Skype in the classroom adalah sebuah komunitas online yang mewadahi ribuan pengajar untuk menginspirasi generasi baru dari seluruh dunia menggunakan pembelajaran transformatif dengan Skype. 

Apa itu Skype? Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. 

SMPN 2 Winonhan Pasuruan juga menggunakan Skype in the Classroom untuk belajar bahasa Inggris. Yang pernah dilakukan di SMPN 2 Winongan adalah ketika siswa dalam satu kelas kami ajak berbicara dengan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan salah satu guru di California Amerika Serikat, Mrs Dani Nicholson.

Siswa diajak video call menggunakan Skype dengan guru biologi tersebut dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait topik spesies Pelicans yang ada pada tempat konservasi hewan di rumahnya. 

Selain itu siswa juga memanfaatkan momen Skype dengan mengajukan beragam pertanyaan dasar. Bahkan beberapa siswa dengan berani menceritakan bagaimana keseharian mereka di sekolah dalam bahasa Inggris.

Mereka sangat antusias dengan inovasi pembelajaran ini yang menurut mereka bisa dibilang baru dan menarik. Karena bisa berbincang dengan orang luar negeri tanpa harus ketemu langsung. 

Secara tidak langsung, pembelajaran ini akan melatih siswa untuk belajar bahasa Inggris.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES