Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Ratusan Siswa Lamongan Bersaing di Olimpiade MIPA

Minggu, 26 Februari 2017 - 15:38 | 118.45k
Suasana Olimpiade MIPA tingkat SD/MI tingkat SD/MI tahun 2017, di MTs Nurul Ulum Genceng, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Minggu (26/2/2017). (Foto: Ardiyanto/ TIMES Indonesia)
Suasana Olimpiade MIPA tingkat SD/MI tingkat SD/MI tahun 2017, di MTs Nurul Ulum Genceng, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Minggu (26/2/2017). (Foto: Ardiyanto/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ratusan siswa yang berasal dari 29 lembaga bersaing untuk menjadi yang terbaik di ajang Olimpiade Mata Pelajaran (Mapel) atau Ujian Sekolah/Madrasah tingkat SD/MI tahun 2017, di MTs Nurul Ulum Genceng, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

"Jumlah siswa yang ikut ada 271 siswa yang berasal dari SD/MI yang tersebar di tiga Kecamatan yakni Tikung, Sarirejo dan Kembangbahu," ucap Kepala MTs Nurul Ulum Genceng Tikung Akh. Farkhan, Minggu (26/2/2017). 

Olimpiade-Matematika-BWb8Hl.jpg

Farkhan menyebut, ada tiga Mapel yang dilombakan dalam Olimpiade Mapel tingkat SD/MI ini, yakni Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia. 

"Di setiap Mapel diambil 3 juara, juara 1 mendapat tropi dan uang Rp. 750.000 sama beasiswa 3 tahun. Lalu juara 2 kami beri tropi dan Rp. 500.000 beserta beasiswa 2 tahun. Selanjutnya juara 3 dapat tropi dan Rp. 250.000 sama beasiswa 1 tahun. Beasiswanya di MTs. Nurul Ulum," ujarnya membeberkan. 

Lebih jauh, Farkhan, mengaku, di selenggarakannya olimpiade ini sebagai ajang berkompetisi para siswa, sekaligus ajang seleksi. "Kita ingin menumbuhkan jiwa sportif di kalangan pelajar," kata dia.

Di sisi lain, Ketua PC. LP. Ma'arif NU Lamongan, Husen, mengapresiasi olimpiade Mapel tingkat SD/MI. "Kegiatan ini adalah permulaan untuk menggali potensi dibidang sains" tuturnya.

Olimpiade-Matematikafy2oC.jpg

Lebih lanjut, Husen meminta para siswa semakin meningkatkan prestasinya. Ia pun berharap, prestasi siswa semakin berkembang ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Pemerintah menyediakan banyak kesempatan untuk siswa berprestasi di bidang akademik seperti beasiswa sampai tingkat S1 S2 dan S3, guna mengejar ketertinggalan dgn negara lain dan menuju bangsa yang maju," ujarnya memotivasi para siswa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES