Indonesia Positif Ketahanan Informasi Budaya

Festival Dolanan Gairahkan Permain Tradisional Anak

Minggu, 26 Februari 2017 - 11:17 | 66.30k
Suasana Festival Dolanan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Sahabat Ananda, Sumbersekar, Dau, Kabupaten Malang, (Minggu, 26/2/2017). (Foto: AJP. TIMES Indonesia)
Suasana Festival Dolanan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Sahabat Ananda, Sumbersekar, Dau, Kabupaten Malang, (Minggu, 26/2/2017). (Foto: AJP. TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Budaya

TIMESINDONESIA, MALANG – Bergesernya permainan tradisional sebagai akibat dari kemajuan teknologi seringkali berdampak terhadap permainan yang sifatnya individual. Akibatnya terbentuk individu dengan karakter yang jauh dari realitas sosial. 

Anak tidak lagi mengenal permainan penuh nilai karakter hasil karya para leluhur nusantara ini. Hal inilah yang ditangkap oleh Lembaga Pendidikan Sahabat Ananda, Sumbersekar, Dau, Kabupaten Malang dengan menyelenggarakan Festival Dolanan 2017 (Minggu, 26/2/2017). 

Dolanan-36RqWC.jpg

Ketua Yayasan Sahabat Ananda  Ahmad Fitri Sujatmiko, S.T. menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak agar tidak lupa dengan permainan nusantara yang penuh karakter. 

"Anak-anak kita jangan hanya diberi permainan dari gawai, tapi permainan tradisional dengan nilai karakter tinggi ini harus kita kenalkan kepada mereka," tegas Jatmiko dalam sesi pembukaan Festival Dolanan 2017 ini.

Sementara itu Kepala Desa Sumbersekar, Dau, Malang, Hasan As'ari menyampaikan agar kegiatan Festival Dolanan ini dijaga konsistensinya. Dolanan Nusantara ini penuh filosofis dan kebersamaan yang akhir-akhir ini mulai hilang pada anak-anak kita. 

Dolanan-2LsdE.jpg

"Kebersamaan ada dipermainan nusantara ini. Biar anak tidak hanya mainan HP," terang Hasan. 

Lebih jauh Hasan berharap agar ada komunitas permainan nusantara.  Permaianan tempo dulu lebih terasa, penuh karakter, mulai cara membuat sampai memainkannya. 

Diharapkan festival dolanan ini menjadi unggulan di Desa Sumbersekar, disamping Kampung Dokar yang sudah lebih dulu ada. 

Dolanan-36RqWC.jpg

Diketahui kegiatan ini akan dilangsungkan selama sehari penuh mulai pagi sampai malam. Beberapa permainan yabg difestivalkan diantaranya: Dakon, Kempyeng, Bekel, Klompen, Eggrang, Pecah Piring, Nekeran, Layangan, Mbatik. 

Dolanan-4FziP.jpg

Kegiatan ini juga didukung dengam beberapa hiburan. Diantaranya ada karawitan, musik keroncong, layar tancap, dan lomba ayah bunda.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES