Wisata

Ikhtiar Pemerintah Lestarikan Alat Musik Khas Blambangan

Sabtu, 25 Februari 2017 - 00:13 | 39.39k
Acara Pembukaan Banyuwangi Festival 2017. (Foto : Humas Pemkab for TIMES Indonesia)
Acara Pembukaan Banyuwangi Festival 2017. (Foto : Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Angklung Caruk, alat musik dari bambu khas Banyuwangi, yang nyaris punah kembali dilestarikan. Salah satunya dengan cara digelar Festival Angklung Caruk Pelajar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi besok Sabtu (25/2/2017).

Salah satu rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fes) yang digelar di Gesibu Blambangan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan para budayawan Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, seni dan budaya adalah bagian dari kekayaan potensi Banyuwangi yang terus dikembangkan. Agar tidak hilang, dibutuhkan kaderisasi, di mana anak-anak muda Banyuwangi dikenalkan pada kesenian khas daerahnya. Karena kelak mereka yang akan menjadi pewaris budaya itu sendiri.

“Seni budaya memang menjadi salah satu daya tarik pariwisata Banyuwangi, di samping kekayaan alam, sport tourism, kuliner dan inovasi pelayanan publiknya. Karena itulah, angklung caruk ini kami festivalkan. Supaya generasi muda kita lebih tertarik dan greget untuk mempelajarinya,” kata Anas, Jum’at (24/2/2017).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda, Angklung Caruk Banyuwangi memiliki warna yang berbeda jika dibandingkan dengan angklung dari daerah lain. Dalam desainnya, digunakan rancakan yang menyatu dengan tempat duduk penabuh angklung. Terdapat motif ular naga di sisi kanan kiri angklung yang memperlihatkan keindahan dan kegagahannya.

Sementara, dalam permainannya, kata Bramuda, angklung caruk ini, dimainkan oleh 12-14 orang. Mereka terbagi dalam dua grup yang berbeda untuk beradu ketangkasan dalam memainkannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES